Kamis, 28 Juli 2016

Cara Terkenal Di Kampus

Sumber gambar: Google Image http://noteinggita.blogspot.co.id/2015/06/hows-today-menjadi-berbeda.html
Hallo mahasiswa baru! Ciee yang sekarang udah menyandang gelar “MAHASISWA”. Setelah sekian lama galau gara-gara pilih-pilih tempat kuliah. Dan akhirnya kalian resmi berada di satu tempat yang memang pilihan kalian.
Menjadi mahasiswa adalah keinginan semua orang. Karena di tahap ini akan menentukan masa depan kita akan seperti apa nantinya. Maka dari itu, tentunya mahasiswa harus bisa berfikir dewasa. Gak ada lagi ya yang ngambek-ngambekan sama emak gara-gara gak dikasih duit jajan, hahah.
Mahasiswa bukan berarti melulu soal belajar, belajar dan belajar. Kita bisa menggali asa atau kemampuan yang lain yang ada didalam diri kita. Yah meskipun namanya mahasiswa tugasnya belajar, tapi gak ada salahnya kalo sambil menyelam minum air ya kan?
Kita kuliah empat tahun loh, dan itu lumayan lama. Masa hidupmu cuman dihabiskan untuk belajar? Isn’t that boring? *CKIIW. Kita bisa gunakan waktu untuk hal lain, mengarungi kehidupan dengan pengalaman yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.
Antara mahasiswa satu dengan yang lainnya sudah pasti berbeda. Oh iya, kalian mesti baca dulu Tipe-tipe Mahasiswa yang akan kalian temukan di kampus (http://alfhasari.blogspot.co.id/2015/11/tipe-tipe-mahasiswa.html ). Pernah gak sih kalian melihat ada beberapa orang yang dikenal oleh banyak orang. Dikenal baik dong tentunya. Nah gimana kalo kamu yang dikenal oleh seluruh masyarakat kampus. Wah luar biasa bukan, kan enak tuh kalo tiap hari jalan ada yang nyapa. Dan dimanapun kalian berada, kalian selalu punya teman.
Berikut saya bagikan sedikit hal-hal penting jika kalian mau dikenal baik oleh semua orang di kampus.
1.   Menjadi berbeda
Dare to be different. Ya, mau darimanapun kamu, jurusan apapun kamu. Perbedaan adalah hal yang paling mudah untuk dikenal oleh banyak orang. Saya ingat kata-kata dari bang Raditya Dika disuatu pertemuan yang saya tonton di Youtube. Ada salah seorang yang bertanya kepadanya, kenapa buku yang ditulis oleh Raditya Dika semuanya berjudul aneh. Seperti Kambing Jantan, Manusia Setengah Salmon, Cinta Brontosaurus. Mungkin kita juga bertanya-tanya kenapa. Bang Radit menjawab bahwa, kalo kita cuma jadi penulis dan menghasilkan buku terus kemudian best seller, itu udah BIASA. Semua orang pasti bisa. Tapi bagaimana saat orang lain sudah menganggap itu BIASA. Kita yang membuat perbedaan agar tidak dianggap BIASA. dengan cara apa? Yah bang Radit membuat judulnya dengan nama setengah binatang. Dan itulah PERBEDAAN. Perbedaan dapat mengalahkan segala yang dianggap biasa. So, kalo kalian mau dikenal banyak orang, intinya cuma satu JADILAH BERBEDA!

2.   Skill bukan hal yang paling penting
Kemampuan memang dibutuhkan, tapi bukan berarti ini adalah syarat mutlak untuk dikenal banyak orang. Jika ada orang yang bilang bahwa skill itu penting sekali dalam apapun, dan itu SALAH. Kemampuan bisa diasah dan dipelajari. Seiring dengan berjalannya waktu, dengan bertambahnya pengalaman. Sedikit demi sedikit otomatis kemampuan kita akan bertambah juga.

3.   Kemauan
Yah, untuk apa punya kemampuan hebat jika sama sekali tidak ada kemauan. NIAT itu adalah yang paling penting. Kemauan untuk belajar, menambah pengalaman dan juga kemampuan. Percayalah bahwa semua orang menyukai orang yang mudah gerak. Maksudnya, yah percuma kalo kita punya kemampuan, tapi saat orang lain menyuruh melakukan sesuatu kita malas gerak. Yah percuma juga. Kita malah akan di cap sebagai orang yang malas.

4.   Aktif organisasi
Yah jalan lain agar bisa dikenal banyak orang adalah dengan aktif berorganisasi. Ingat ya AKTIF, bukan cuma ikut-ikut doang. Dengan aktif terlibat dalam keorganisasian, melakukan kegiatan kesana kemari. Kalian akan mudah dikenal banyak orang. Syaratnya kembali lagi ke nomor 3, kemauan terlebih dahulu, kemampuan mah ngikut aja.

5.   Ramah-tamah
Hal terakhir yang harus ada didalam diri kalian adalah BAIK KEPADA SEMUA ORANG. Dan syaratnya adalah tanpa pamrih. Jangan baik hanya didepan dan karena sesuatu yang kita incar, BIG NO! Percayalah jika jalan yang kita tempuh hanya untuk “ada maunya”, hasilnya gak bakalan maksimal. So, ramahlah kepada semua orang. Usahakan untuk selalu menebar senyum, menyapa terlebih dahulu, dan berbuat baiklah selalu dimanapun.

Nah itulah 5 hal yang harus kita ketahui terlebih dahulu jika kita ingin dikenal banyak orang. Tapi bukan berarti tujuan kita berkuliah hanya untuk menjadi orang yang terkenal. Selain berprestasi di bidang akademik, kita juga bisa mengasah kemampuan maupun keterampilan kita di kampus. Karena kampus merupakan ladang mencari jati diri. Jadi, manfaatkanlah tempat kalian berkuliah dengan sebaik-baiknya.
Menjadi berbeda dan mengikuti organisasi bukan berarti kita mencari nama agar dikenal banyak orang. Sekali lagi, luruskanlah niat untuk mengasah kemampuan dan keterampilan. Urusan dikenal atau tidaknya itu tergantung dengan kita. jika kita baik, insyaAllah akan dikenal baik oleh semua orang. Dan jika kita bermaksud tidak baik dengan memanfaatkan ke-terkenal-an itu, yah siap-siap aja di cap orang lain sebagai sesuatu yang buruk.
Alright teman-teman sekalian. Itu tadi hal-hal yang dapat saya bagikan kepada kita semua. Semoga bermanfaat, dan ingat “Hiduplah untuk bermanfaat bagi sesama”. Terimakasih sudah membaca postingan saya. Salam Imajinasi dari Sang Pemimpi. See you!
Empat Lawang, 28 Juli 2016. 11:49 a.m


Penulis bisa ditemukan di:
Facebook/Fanpage : Blog Sang Pemimpi
Twitter : @alfha_sari4

Line & Instagram : alfhasari

0 komentar:

Posting Komentar