Rabu, 16 November 2016

Yuk Berhijrah!

Sumber gambar: Google image http://diarynyamuslimah.blogspot.co.id/2013/12/yuk-hijrah.html
YUK BERHIJRAH!

Satu hal yang selalu kita lakukan harusnya berakhir dengan perbaikan. Tentu kita tidak menghendaki hal yang buruk terjadi lagi pada apa yang kita lakukan bukan?

Berhijrah adalah suatu perpindahan dimana kita tidak akan mengulangi perbuatan atau sesuatu yang buruk, untuk menjadi lebih baik lagi.
Untuk perempuan khususnya, kata “hijrah” mungkin sudah pernah didengar. Berhijrah atau berpindah dari yang awalnya tidak tahu apa-apa, menjadi sesuatu yang mulai didasari dengan ilmu dan iman.
Berhijrah tentang perbuatan. Baik itu berhijrah gaya berpakaian, gaya bicara, maupun perbuatan atau tingkah laku.
Tentunya setiap orang menghendaki apa yang terbaik untuk dirinya dan apa yang selalu akan baik untuk dirinya sendiri. beruntunglah bagii kita yang sudah berhijrah dalam hal yang lebih baik.
Berhijrah mengenai gaya pakaian. Yang dulunya tidak memakai hijab, sekarang sudah mulai berhijab. Yang dulunya “Cuma berhijab”, sekarang sudah berhijab dengan syar’i atau sesuai dengan ajaran islam. Yang dulunya berhijab tetapi masih memakai jeans atau celana ketat, sekarang sudah berganti memakai rok dan baju longgar. Yang dulunya lepas pasang, sekarang sudah menjadi istiqomah.
Begitulah siklus kehidupan. Semakin kita menguasai ilmu pengetahuan dan ilmu agama, semakin kita akan berusaha mengejar kebaikan untuk diri kita sendiri. dalam hal berpakaian, berbicara maupun bertingkah laku.
Mulanya mungkin ada diantara kita yang berhijrah, selalu menjadi bahan cemoohan atau sindiran orang lain. kita hanya perlu berpositif thinking kepada mereka. mungkin mereka “terkejut” dengan perubahan dalam diri kita.
Untuk mengatasinya cukup dibalas dengan senyuman manis dan doakan didalam hati, semoga mereka yang mencemooh akan berhijrah juga secepetnya seperti kita.
Terkadang orang yang selalu berkomentar negatif dengan kita adalah orang yang tak pernah mem-posisikan dirinya untuk menjadi kita. mereka hanya bisa berkomentar tanpa tahu apa yang kita rasakan dan apa yang kita fikirkan.
Tenang kawan, mereka hanya belum melewati masa hijrah tersebut. Nanti suatu saat mereka akan segera sampai pada masa hijrahnya sendiri. semua ini hanya masalah waktu. Karena Allah selalu menghendaki yang terbaik untuk hambanya yang ingin merubah diri menjadi baik.

Berhijrah itu mudah, istiqomah yang susah
Memang mudah sekali untuk berubah. Berubah kearah yang baik dengan tiba-tiba. Tapi yang membuat itu terasa sulit adalah mempertahankan apa yang telah kita rubah.
Kondisi manusia tidak selamanya stabil. Kondisi keimanan kita juga kadang berubah-ubah, naik dan turun. Tentunya dengan kondisi yang tidak stabil inilah bagaimana kita diuji oleh Allah untuk mempertahankan hijrah kita.
Istiqomah dalam hal berpakaian. Istiqomah dalam berhijab syar’i. Istiqomah dalam menjaga perkataan dan perbuatan. Tentu bukanlah hal yang mudah. Tetapi kita harus mencoba untuk selalu istiqomah dalam menjaga perubahan kita.
Bengkulu, 15 November 2016

0 komentar:

Posting Komentar