Minggu, 28 Mei 2017

CARA PUASA SEHAT


Ramadhan ya ramadhan!
Hay teman-teman semuanya, gimana puasa pertama di bulan Ramadhan tahun ini?
Pastinya berkah dong ya.

Setiap muslim pastinya selalu bergembira dan bersemangat menyambut bulan yang spesial ini. Bulan Ramadhan yang ditunggu-tunggu hanya sekali dalam setahun. Satu-satunya bulan spesial yang banyak sekali makanan dan minuman unik, yang tentunya hanya ditemukan saat berada di bulan ini.

Seperti puasa-puasa sebelumnya, yah pastinya puasa tahun ini tetap dijalani dengan berbagai macam kegiatan. Beruntungnya yang puasanya sudah tidak sendiri lagi, jadi ada yang bangunin sahur setiap malam, huhuh. Kalau mahasiswa single kayak aku mah kalo gak orang tua, yah alarm yang ngebangunin, hahahah. Plus broadcast sahur di bbm yang kurang penting itu ya, heheh.

Ngomongin masalah puasa nih teman-teman, biasanya ya mahasiswa seperti kita ditambah lagi anak kost ya kan sudah terbiasa dengan yang namanya puasa a.k.a menahan lapar. Jadi kalo di bulan puasa udah gak terkejut lagi dengan yang namanya jarang makan.

Nah tapi kali ini beda nih teman-teman, kalau kita berpuasa dengan niat (makan sahur serta berbuka), kita bisa mendapatkan berbagai macam manfaat. Namun berbeda dengan kita menahan lapar atau jarang makan saat hari-hari seperti biasa. Pola makan yang tidak teratur seperti itu kadang yang dapat menimbulkan penyakit dan membuat kita tidak sehat.

Nah gimana sih caranya agar kita bisa berpuasa dengan sehat?

Mengawali puasa dengan makan makanan sahur yang menyehatkan

Nah sebelum puasa tentunya sudah menjadi kewajiban kita untuk makan sahur nih. Makan sahur bukan hanya sekedar makan dan kenyang saja teman-teman. Tetapi kita harus memakan makanan yang sehat dan asupan yang bergizi.

Nah gunanya untuk apa?

Asupan atau makanan yang bergizi dapat membantu kita untuk kuat dalam menjalankan ibadah puasa kita sepanjang hari nanti.

Sekalian biar kuat melihat dia bersama yang lain, huhuh.

Asupan yang seperti apa sih yang menyehatkan?

Kita bisa dengan makan makanan pokok kita, nasi yang ditambah dengan lauk yang bergizi seperti ayam, ikan, tempe, tahu, dan sayuran. Lauk yang kita makan harus mengandung protein yang tinggi agar berguna untuk sumber zat pembangun di tubuh kita.

Jangan lupa untuk menyeimbangkan apa yang kita makan. Seimbangkan lauk kita dengan sayuran yang berkhasiat untuk pertumbuhan dan perkembangan. Nah, sayuran yang baik dan menyehatkan adalah sayuran yang berwarna hijau, seperti bayam, brokoli, sawi, dll. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin dan juga protein. Jadi memang sangat baik untuk asupan tubuh kita.

Buah-buahan juga tidak kalah penting untuk kita konsumsi. Karena buah kaya akan vitamin dan mineral yan baik untuk tubuh serta pencernaan kita. 

Jika teman-teman suka minum susu, itu akan jauh lebih baik. Kebutuhan akan gizi dan kesehatan tubuh, susu memiliki peranan penting karena kaya akan vitamin dan kalsium yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Mengkonsumsi makanan yang menyehatkan dan juga bergizi, dapat membuat kita siap untuk beraktifitas di sepanjang puasa sampai  berbuka nanti nih teman-teman. Jadi jangan sampai kita menghiraukan apa yang seharusnya tubuh kita butuhkan untuk kesehatan.

Nah disepanjang kita melaksanakan puasa, apa sih hal yang harus dilakukan?

Puasa hampir tiga belas jam dalam sehari merupakan waktu yang cukup lama saat kita harus menahan haus dan lapar. Namun jangan sampai puasa kita sia-sia hanya karena kita kelelahan dalam beraktifitas di siang hari.

Maka dari itu, kurangi aktifitas yang terlalu mengandalkan fisik yang berat agar tidak mudah kelelahan. Tidur siang juga membantu kita dalam mengistirahatkan tubuh sejenak saat kita lelah karena bekerja seharian.

Lakukanlah kegiatan positif yang menghasilkan. Biasanya nih mahasiswa di bulan puasa tidak terlalu banyak kegiatan. Nah kita bisa mengisi waktu luang kita dengan produktif yang positif. Misalnya menulis atau membuat karya yang bisa dijadikan penghasilan. Mungkin bisa juga dengan mengadakan kegiatan sosial yang dapat membantu masyarakat. Kegiatan produktif memang harus dilakukan setiap hari nih teman-teman, agar kemampuan kita semakin berkembang.

Ketika waktunya berbuka, berbukalah dengan yang manis-manis.

Setelah seharian berpuasa, pastinya makanan yang dihidangkan di meja makan menggugah selera. Dari mulai es teh manis-yang di hari biasanya biasa-biasa aja, kalo udah di bulan ramadhan menjadi luar biasa menggoda.

Meskipun semua makanan menggugah selera nih teman-teman, jangan sampai kita lupa dan langsung disikat habis. Perut yang kosong seharian seharusnya dimulai dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula terlebih dahulu. Misalnya dengan memakan kurma dan minum segelas air putih hangat dapat langsung bisa melegakan tenggorokan kita.

Memakan takjil yang manis dan super menggairahkan bukan berarti tidak boleh nih teman-teman. Kita bisa mulai mengkonsumsinya saat perut kita sudah terisi sedikit dengan nasi atau makanan pokok kita. Kondisi perut yang kosong dan tiba-tiba diserang dengan berbagai macam makanan, akan membuat perut kita menjadi sakit. Dan akhirnya malah kita tidak bisa berbuka dengan nyaman. Jadi pola makan kita harus dieprhatikan juga yah.

Makanlah buah-buahan sebagai penutup atau teman selagi senggang di malam harinya atau sesudah tarawih. Buah-buahan yang mengandung serat tentunya dapat membuat saluran pencernaan kita menjadi lancar.

Nah itu tadi cara berpuasa sehat versi aku. Mungkin yang selama ini pola makan kita tidak beraturan atau terburu-buru, mulai dari sekarang kita harus menjaga dan mulai mengatur pola makan kita dengan baik. Karena dengan pola makan yang baik, kesehatan tubuh kita akan ikut terjaga, dan tentunya berdampak baik untuk kita melakukan aktifitas nantinya.

Bengkulu, 28 Mei 2017. 7:16 pm

Penulis bisa ditemukan di:
Facebook               : Blog Sang Pemimpi
Twitter                   : @alfha_sari4
Line & Instagram : alfhasari
E-mail                    : alfhasari@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar