Senin, 20 November 2017

Aku, FLP dan Harapan Terhadap FLP


Menulis?

Aku masih ingat pertama kali aku mulai menulis. Menulis cerita-cerita khayalan yang akhirnya berupa cerita pendek. Mulai dari mengagumi penyanyi idola ketika SMP, dan mengkhayal bagaimana ketika sang idola hadir dalam kehidupan kita. Rasanya memang tidak mungkin. Mungkin saja, tetapi sulit. Akhirnya memutuskan untuk menghidupkannya didalam sebuah rangkaian kata berupa cerita. Tulisan yang berisi khayalan sang idola bisa hadir dalam kehidupan semu.

Pada suatu waktu, sekolahku mengadakan lomba menulis cerita pendek. Yang kutahu lomba menulis itu pertama di sekolahku. Antusias dalam mengikuti lomba tersebut, aku mengumpulkan cerita pendek khayalan yang aku buat itu. Dan akhirnya aku mendapatkan juara kedua dalam lomba tersebut. Setelah untuk pertama kalinya aku mengikuti lomba. Hal yang sangat luar biasa bagiku saat itu, bangga dengan diri sendiri terutama. Ketika di panggil 3 pemenang saat upacara, berdiri di tengah-tengah siswa dan guru-guru. Samping kiri dan kananku yang juga memenangkan lomba, sainganku kakak tingkat. Aku sendiri yang masih kelas 8 kala itu.

Mulai dari sana aku mulai terbiasa membuat tulisan berupa cerita-cerita. Tetapi hanya untuk konsumsi pribadi dan teman-teman yang dekat denganku saja. Itupun kalau mereka mau membacanya. Tulisanku lambat laun aku bagikan di Facebook, mengingat zaman SMP yang lagi trend hanya Facebook.

Sampai menginjak SMA aku masih sering menulis, dan mulai mengenal blog. Namun blog yang aku buat hanyalah blog uji coba. Sudah berapa banyak blog yang aku buat, dan tidak pernah tahan dalam sebulan. Aku selalu menghapus lalu membuat yang baru lagi.

Hingga akhirnya sampai saat ini, aku sudah memiliki blog tetap yaitu www.catatanpemimpi.com. Sekarang berkat terus melatih menulis, aku sudah menghasilkan satu buah buku novel. Novel yang juga sama dengan cerita pertama yang aku buat, menghadirkan sang idola di kehidupan kita dengan cara menulis.

Aku belajar menulis secara mandiri. Tempat belajar hanyalah pengalaman dan tulisan orang lain. Bagaimana cara orang dalam menuliskan sesuatu. Bagaimana orang tersebut mampu menuangkan pikirannya kedalam tulisan. Tidak ada pelatihan, maupun komunitas menulis. Komunitas Blogger Bengkulu pun baru beberapa bulan ini aku ikuti.

Aku mulai mencari komunitas yang mana berisikan orang-orang yang gemar menulis. Setidaknya aku harus terus mempertahankan semangatku dalam menulis, tentunya berteman dengan penulis juga. Setahun yang lalu aku baru menemukan ada sebuah komunitas penulis di Bengkulu. Mengingat aku sekarang sedang menempuh pendidikan tinggi disini.

FLP atau Forum Lingkar Pena, komunitas pecinta tulisan, gemar menulis, dan pecinta literasi. Ini salah satu yang tepat untuk bergabung bersama dengan penulis yang ada di Bengkulu. Namun sayangnya beberapa waktu ini, komunitas ini jarang sekali mengadakan pertemuan. Sehingga aku belum sempat bertemu dengan penulis-penulis yang ada di Bengkulu ini. 

Tahun ini, FLP mulai kembali merekrut anggota baru. Yang pastinya orang-orang yang suka menulis serta cinta dengan literasi. Aku berharap semoga tahun ini FLP terus bergerak menggali potensi penulis-penulis yang belum terlihat di Bengkulu. Karena saya yakin dengan adanya FLP, Bengkulu akan menjadi salah satu kota literasi. Dimana FLP bisa memberikan pengaruh positif dalam dunia kepenulisan dan literasi untuk anak muda yang ada di Bengkulu.

Bengkulu, 20 November 2017. 9:20 pm
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

ESSAY ini adalah persyaratan dalam mendaftar anggota baru FLP Bengkulu.
Kamu anak muda Bengkulu?
Suka menulis, membaca, dan cinta dunia literasi?
Boleh gabung dalam Komunitas FLP (Forum Lingkar Pena) Bengkulu. dengan syarat berikut ini:

  1. Mengisi biodata calon anggota
  2. Membuat Essay Motivasi masuk FLP dengan tema aku, FLP dan harapan terhadap FLP serta membuat tulisan bebas (puisi/cerpen/artikel) boleh yang sudah di publikasikan
  3. Membayar registrasi 85k, dan akan mendapatkan buku Antologi “Salam Ombak” persembahan FLP Bengkulu dan langsung mendapat Kartu Anggota FLP. Bisa transfer  ke rekening BNI a.n Arius Satoni Kurniawansyah 0317573723
  4. Deadline pengiriman persyaratan 3 Desember 2017
  5. Wajib ikut orientasi tanggal 10 Desember 2017
  6. Persyaratan bisa dikirim ke email arimira63075@gmail.com atau bisa diantar langsung ke Jl. Merawan 20 Rt 26 Rw 07 No 92 Sawah Lebar, Bengkulu

Nah untuk teman-teman yang mau Tanya-tanya dulu, silahkan hubungi Whatsapp 08992205856. Buruan daftar ya, ingat cuman sampai tanggal 3 Desember 2017!

0 komentar:

Posting Komentar