Kamis, 03 Mei 2018

Nulis Cepat di Flash Blogging Bengkulu


Tanggal 27 April 2018 lalu, Saya mengikuti kegiatan Flash Blogging Bengkulu.

Jauh-jauh hari ketika di beri tahu akan ada kegiatan tersebut, Saya sudah sangat excited. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemkominfo.

Sudah pasti acaranya bergengsi. Dilaksanakan oleh pemerintahan. Dan bukan hanya di Bengkulu saja, tapi sudah beberapa kali dilaksanakan di berbagai daerah seluruh Indonesia.

Gak mikir-mikir lagi buat isi formulir. Langsung aja ngeklik Google formnya. Karena emang gak ada kerjaan, selain nungguin proposal skripsi yang tak kunjung dibaca dosen. Huhuuuu

Saking excited sama kegiatan. Bukan hanya ini sih, tapi semuanya excited, Saya datang paling awal. Waktu itu di undangannya, acara mulai jam sembilan pagi di hotel Amaris Bengkulu. Emang udah niat dari kost harus datang awal waktu biar bisa milih tempat duduk yang nyaman dan strategis.

Akhirnya sampailah Saya jam setengah sembilan. Itu aja udah Saya lama-lamain di jalan. Tapi tetep aja Saya datang pertama dan ngisi absen nomor satu. Hihiii

Tapi untuk peserta aja datangnya pertama. Panitia dan pihak kemkominfo, pas saya masuk ruangan udah duduk manis aja. Bahkan pemateri. Widihhh gak kayak biasanya kegiatan ngaretnya gak ketulungan. Tapi kali ini semuanya udah siap. Tinggal cek sound dikit dikit aja.

Masuklah saya ke dalam ruangan yang lumayan gede, tapi gak gede-gede amat. Sendirian. Ada ibu-ibu dan bapak-bapak yang udah duduk duluan melontarkan senyum kepada saya. Saya membalas senyuman itu lalu memilih tempat duduk yang kira-kira strategis.

Kebetulan juga nih mata udah blur kalo liat jauh, jadi tempat duduk yang pas adalah di depan. Udah pakek kacamata juga masih agak blur, haduuhh.

Saya duduk gak terlalu depan, nomor dua dari depan lah. Saya pikir paling depan nanti buat tamu undangan, daripada udah duduk anteng eh taunya diusir, mending cari aman pilih nomor dua. Eh ternyata gak ada tamu spesial, semuanya buat peserta, inceran duduk paling depan udah diisi orang. Tapi gak papa asal bisa ngeliat jelas aja ke slide pemateri nanti, huhuuu.

Seperti acara biasanya, dibuka dengan menyanyikan lagu wajib serta sambutan dari berbagai tokoh penting. Setelah itu barulah penyampaian inti dari narasumber.

Sebelum mulai kegiatan juga saya sempat searching dulu mengenai flash blogging ini. Kurang lebih jalan kegiatan yang sudah-sudah juga sama kayak disini. Dimulai dengan pembukaan resmi dan mendengarkan pemateri. Juga tak lupa acara inti yaitu flash blogging.

Pemateri pertama dari Tim Komunikasi Presiden. Namanya Bapak Andoko Darta. Beliau memperlihatkan slide dengan judul “Sudut Istana”.
Udah ngeh sih, Sudut Istana ini pasti ngarahnya ke cerita-cerita dari istana Negara yang tidak terekspos dan jarang diketahui masyarakat banyak. Beliau menyampaikan, karena meja kerja beliau terletak di sudut di istana, makanya judul slidenya sudut istana. hihiii

Sesuai dengan tema Flash Blogging sendiri yaitu “Menuju Indonesia Maju”, sudah pasti yang dibahas mengenai pemerintahan.

Pak Andoko memberitahukan sedikit seluk beluk pemerintahan. Mulai dari program-program pemerintahan yang sudah dan sedang berjalan, serta keadaan perekonomian rakyat. Tak lupa juga beliau memperlihatkan kepada kami video-video menarik.

Salah satu video menariknya yaitu mengenai Paspamres. Pas di putar, saya jadi merinding melihatnya. Perjuangan Paspamres dalam melindungi pemerintah. Keren sekali. Apalagi saya suka banget nonton film tentang action dan pemerintahan gitu. Dan ternyata di Indonesia gak kalah keren dari di film-film.
Sambil dengerin materi, sambil mamam dong ya, hihiiii.
Penjelasan beliau di akhiri dengan pertanyaan siapa yang paling muda dan paling tua di ruangan ini. Berhubung saya bukan salah satunya, saya gak jadi dapat payung deh dari beliau.

Yah, doorprize-nya payung. Kalo pak Presiden ngasih pertanyaan doorprize-nya sepeda, nah kalo ini payung. Payungnya gak biasa. Payung ini sering di pake pak Presiden saat berkunjung ke suatu daerah dan saat itu cuaca lagi hujan deras.

Wah beruntung sekali yah yang dapet payungnya pak Presiden. Tenang, payungnya banyak kok, udah di cloning jadi banyak. Tapi tetep aja gak dapet satu pun. Syedihhhh

Narasumber selanjutnya juga gak kalah kece. Seorang penggiat blogger dan founder dari Kumpulan Emak Blogger atau disingkat KEB, Mbak Mira Sahid.
Saya sebenarnya juga baru tahu. Pas liat share di grup WA kalo bakalan datang mak-nya blogger. Saya pikir biasa-biasa aja. Tapi Mbak Mira Sahid ini udah berhasil mematahkan ekspektasi banyak blogger di Bengkulu, kalo beliau adalah wanita yang sudah berumur, sifat keibuan, bisa dibayangkan lah kalo panggilannya udah emak.

Dan ternyata, orangnya imut, kecil, masih muda dan cantik meskipun udah punya dua anak. Tentunya enerjik dan bersemangat sekali. Pokoknya anak muda kekinian banget deh gayanya. Cara ngomongnya aja udah anak muda banget.
Selfie sama Mak Blogger
Beliau membagikan pengalamannya dalam ngeblog selama ini. Saya dan peserta lain jadi lebih tahu dan menambah sedikit ilmu mengenai ngeblog.

Ngeblog yang bukan hanya hobi, tapi juga bisa dijadikan sumber penghasilan. Tetapi penghasilan itu bukanlah segalanya dan jangan kita jadikan sebagai tujuan utama.

Tujuan utama saya sendiri ngeblog, karena saya senang kalo tulisan saya dibaca orang banyak. Rasanya bangga aja gitu apa yang kita usahakan di hargai. Teman-teman yang membaca tulisan saya adalah bentuk dari menghargai usaha saya dalam menulis.

Benar yang di bilang Mbak Mira, nulis itu gak mudah. Meskipun cuma nulis review aja. Nulis itu perlu mikir dan mood yang baik. Apalagi kayak saya yang moodi-an. Kalo lagi mood baik, tahan berlama-lama di depan laptop buat mikir jadi tulisan.

Meskipun sering jadi MC dan sempat siaran di radio kampus, saya masih belum lancar ngomong. Maksudnya gak sebaik tulisan saya. Kalo di tulisan, kita bisa menyusun kata per kata menjadi kalimat yang enak dibaca. Nah kalo omongan, harus hati-hati dan jangan asal jeplak. Nanti ada yang sakit hati.

Tulisan pun begitu, harus hati-hati. Tapi setidaknya, kita bisa membaca berulang kali dan memikirkan apakah tulisan kita sudah baik dan tidak menyinggung siapapun?

Sepanjang jalannya kegiatan, sangat mengasyikkan. Dan tibalah kegiatan inti yaitu Flash Blogging.

Seperti namanya sendiri, Flash Blogging bahasa lain dari nulis on the spot. Peserta di tantang untuk me-review kegiatan hari ini dengan deadline waktu yang disepakati selama satu jam.

Menulis dimulai dari jam 13.00-14.00, berhubung hari Jum’at, istirahatnya lumayan lama karena Ikhwan harus salat Jumat. Kita yang perempuan nyuri kesempatan dengan menulis duluan. Heheh .
Peserta sibuk sama gadget dan laptopnya masing-masing. hihiii
Dan meskipun udah duluan nulis, tetap aja pas waktu satu jam yang diberikan kurang. Alhasil nulis on the spot berasa greget dan ngebut. Tapi seru juga, yang biasanya nulis kalo mau aja, tapi ini dipaksa nulis satu jam. Gregett
Sumber foto: dari salah satu peserta Flash Blogging
Pas pengumuman pemenang, nama saya tak terdengar pun. Hahah

Yah tulisan saya belum begitu baik. Jadi saya tahu kalo gak bakal menang. Tapi tujuannya kan menantang diri, gak semata-mata harus menang. Itu aja udah banyak pelajaran yang bisa Saya ambil. Udah bersyukur bisa ikut kegiatan tersebut dan di pertemukan dengan penulis blog se Bengkulu.

Baca yuk hasil nulis on the spot saya: Flash Blogging Bengkulu: Menuju Indonesia Maju

17 komentar:

  1. Kalo aku mamam ny aj yg suka.. Hhe tapi salut buat blogger

    BalasHapus
  2. Keren acaranya, alagi pas dikasih tantangan untuk nulis cepat itu. berasa banget harus mikir cepat dan kreatif.

    BalasHapus
  3. Lumayan banget ni bikin gugup dan keringat dingin hehe.. Tapi seru juga jadi bisa belajar nulis cepat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merasa tertantang pastinyaaa 😅

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Wooo... yang penting pengalaman nya ya yang berharga buangett :D

    BalasHapus
  5. Seru ya mba... Moga next time ada lagi agnda kek gini. Aaminn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga deh, kalo bisa rutin setiap bulan yah, biar makin upgrade ilmunya heheh

      Hapus
  6. Ciyeeee yang nyelfie Ama .Mak Mira. Moga ketularan kerennya yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh aamiin. Ketularan keren nulisnya juga mbak hihihiii

      Hapus
  7. Pokoknya senang banget ikut ambil bagian dalam acara ini. Serunya lagi kita "terpaksa"jadi pengisi acara dadakan kan yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogget harus siap semuanya heuheuuu

      Hapus
  8. Bagiku, kalau acara seperti itu (apalagi ada flash blogging), tempat yang paling strategis adalah...yang deket colokan listrik :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditambah sama wifi yang lancar kak hihihhh

      Hapus