Senin, 05 Februari 2018

Kenapa Remaja Gak Pernah Lepas dari HP?

Sumber: Pixabay

Kembali lagi karena perubahan zaman. Hampir setiap orang memiliki atau menguasai minimal satu teknologi. Salah satunya Handphone. Saat ini HP memiliki peranan penting bagi masyarakat. Tidak terkecuali remaja. Remaja tidak bisa lepas dari HP.
Hampir setiap detiknya, remaja tak pernah lepas genggamannya dari HP. Bahkan terkadang orang tua kita sering sekali mengeluh dengan fenomena remaja yang tidak pernah berhenti main HP.
Mengapa teknologi yang satu ini memiliki ketertarikan yang cukup kuat ya bagi remaja?
Sebagai remaja, aku juga tentunya akan ikut berkomentar mengapa terjadi fenomena tersebut. Selain karena berkembangnya teknologi yang kian pesat. Alat satu ini juga memiliki banyak macam dan dengan harga yang bisa dijangkau oleh semua masyarakat.
Terlebih lagi jika HP yang dimiliki oleh remaja merupakan ponsel pintar atau smartphone. Dengan internet yang sudah tidak tau lagi berapa G (2G ke 3G ke 4G, dll), menambah ketertarikan remaja untuk terganggu fokusnya selain dia HP.
Sumber: Pixabay
Sosial Media
Berkembang luasnya internet yang merambat bagaikan angin yang mampu menyentuh seluruh sudut masyarakat. Sehingga yang dikenal dengan Sosial Media adalah suatu kebutuhan wajib bagi remaja.
Sekarang remaja tidak hanya memiliki satu saja sosial media, tetapi sudah dua atau lebih. Aku saja hampir memiliki semua akun Sosial Media. Namun yang terfokus hanya beberapa saja.
Mengapa sosial media?
Pada dasarnya semua orang seperti remaja ingin sekali berekspresi dan mengetahui banyak informasi dari sekitar. Namun beberapa ada yang enggan untuk bersosialisasi langsung dengan sesama atau masyarakat. Mungkin banyak faktor yang mneyebabkan itu semua.
Nah dari sosial media inilah setidaknya kita bisa tahu apa yang sedang terjadi, ataupun informasi yang sedang ingin kita cari. Sehingga mau tidak mau untuk sekedar kepo dengan teman sebaya, lebih mudah mengeceknya di laman sosial media.
Kepo Timeline
Remaja atau anak muda memang memiliki berbagai macam cara untuk mengekspresikan rasa cinta mudanya. Mulai dari ingin di lihat, di puji, atau sekedar ingin orang tahu bahwa mereka ada. Salah satunya dengan banyak membagikan foto ataupun status di sosial media masing-masing.
Dan hampir semua remaja yang berekspresi, kita biasanya kepo dengan teman-teman atau kehidupan orang lain, bahkan yang tidak dikenal sekalipun. Sehingga kepo di timeline makin banyak menghabiskan waktu. Apalagi kalau setiap menit cek timeline.
Chatting
Saling berbalas pesan di sosial media juga merupakan kewajiban bagi remaja yang selalu sibuk dengan HP-nya. Sesudah BBM, sekarang banyak yang beralih chattingan melalui Whatsapp. Chatting dengan teman atau keluarga menjadi lebih mudah.
Meskipun tidak setiap detik ada pesan yang masuk. Remaja juga sering iseng menghabiskan waktu di depan layar HP dengan hanya membaca pesan grup masuk yang biasanya tidak terlalu penting.
Sumber: Pixabay
Full Information
Tidak salah lagi. Aku pribadi yang niatnya ingin belajar tanpa gangguan HP, malah selalu mengandalkan HP yang terkoneksi internet. Karena untuk mengetahui berbagai sumber atau hal-hal yang belum kita mengerti, jalan tercepat hanya dengan HP.
HP merupakan hal yang tidak bisa di hindari, terkadang memang banyak sesuatu yang penting yang membuat kita terus mengandalkan teknologi ini. Sehingga remaja bukan cuma saya, selalu bergantung pada HP setiap detiknya.
Karena salah satu teknologi praktis yang bisa kita bawa kemana-mana untuk mencari informasi dadakan, yah memang dengan membawa HP.
Sumber: Pixabay
 Mengurangi Mati Gaya

“Menunggu itu adalah suatu hal yang membosankan”

Tapi tidak jika menunggumu.
Kalimat klise ini memang benar adanya. Siapa yang tahan berlama-lama menunggu tanpa melakukan aktifitas sedikitpun.
Bagiku, ketika menunggu teman yang super lama tanpa melakukan apapun akan membuat kita mati kutu atau mati gaya. Pura-pura sibuk dengan HP adalah cara jitu bagi remaja untuk mengurangi mati gaya.
Padahal biasanya yang cek HP cuman scroll timeline atau bahkan cuman bolak-balik menu-home aja.
Nah siapa nih yang kayak gini? Aku rasa semua remaja pasti mengalaminya. Memang HP tidak bisa lepas lagi dari genggaman. Mengingat ada hal-hal yang penting yang bisa kita andalkan cuman dari HP, karena praktis dan mudah.
Jadi bukan berarti fenomena HP yang tak pernah lepas barang satu detik-pun merupakan hal yang buruk. Tergantung bagaimana kita menggunakannya semaksimal mungkin serta tahu apa manfaatnya.
Bengkulu, 5 Februari 2018. 11:45 am

24 komentar:

  1. Hahahhaha, bener banget sih, jangankan remaja, orang dewasa & org tua aja byk yg nggak bisa lepas dr hp, aku juga ngrasain banget, dulu waktu blm jaman smartphone dan sosmed belum booming ky sekarang, aku jarang pegang hp, sekarang kyknya udh kecanduan banget. hahaha

    ursulametarosarini.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa kecanduan asal tau situasi aja kak. heheh

      Hapus
  2. tergantung kita mau menggunakannya untuk kebaikan atau keburukan ya, hu um

    pintar-pintar kitalah dalam penggunaannya

    BalasHapus
  3. It depands on us sih sebenernya. Bagaimana kita mengatur diri kita untuk bisa menggunakan hp seperlunya. Klo lgi butuh aja digunakan tpi klo lgi nggak ya bisa disimpan hehehe.

    BalasHapus
  4. Remaja zaman sekarang saking asyik nya main HP mereka langsung kecanduan sama dunia maya dan akan sulit bersosialisasi di dunia nyata. Al hasil anak jadi malas belajar dan nilai mata pelajaran nya pun selalu jelek dan harus bisa atur waktu antara belajar dan main HP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak. padahal terkadang hilir-mudik di dunia maya juga sedikit faedahnya

      Hapus
  5. Apapun kalo overdose ga baik sih memang ya. Hihi. Biar tetep bermanfaat dan penggunaanya faedah, balik lagi ke usernya. ��

    BalasHapus
  6. jangankan remaja mbk, saat ini karena perkembangan teknologi yang semakin canggih, bayi dalam kandungan aja sudah bisa selfie. hihi
    gimana remajanya... jadi tambah gaholl dong. heeee

    BalasHapus
  7. soalnya di HP sekarang itu full information, makanya jd gak bisa lepas dari HP.. kalo pergi gak bawa HP aja, duuh jadi linglung, ketinggalan informasi, ketinggalan job.. hehhe, pokoknya sekarang jd ketergantungan banget sama HP ... hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Sehari tanpa hp emang rasanya kayak ketinggalan dunia satu minggu :D

      Hapus
  8. kayaknya ga cuma remaja aja yang ga pernah lepas dari hape.. ini mamah muda juga susah lepas dari hape

    BalasHapus
  9. Emak2 juga kak ga kuat kalo ga pegang henpon

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi hampir seluruh masyarakat dari yang muda sampe yang sudah berumur kecanduan sama henpon, hehehuh

      Hapus
  10. Manusia zaman now memang ga bisa jauh kok dari hape, tinggal kita aja yg membatasi diri untuk bijak menggunakan nya untuk kebaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget mbak. bijak-bijaknya kita bagaimana memanfaatkan teknologi tersebut.

      Hapus
  11. HP juga bisa jadi sumber mata pencaharian lho.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, tergantung sma kitanya yang memanfaatkannya menjadi sumber pencharian atau hanya sekedar bersenang aja,

      Hapus

Jangan lupa komentar ya!