Kamis, 22 Maret 2018

Kalo Lagi Gabut

Pernah gak sih kalian mengalami masa-masa yang membosankan?

Melakukan segala sesuatu terasa sangat membosankan. Akhirnya yang terjadi ialah malas melakukan apapun.

Masa-masa membosankan atau gabut sedang Saya alami sekarang.

Sebagai mahasiswa tingkat akhir yang di sibukkan dengan skripsian, satu-satunya tugas akhir Saya di kuliah hanyalah skripsi. Karena tidak ada lagi mata kuliah yang harus Saya ambil, itulah penyebab kebosanan dalam diri kian memuncak.

Terlebih banyak sekali yang bertanya kenapa Saya jarang terlihat di kampus. Bagaikan di telan bumi, tanpa kabar dan berita. Yang Saya lakukan hanyalah memperbaiki skripsi yang tak kunjung melihat titik temu. Selebihnya menghabiskan waktu, semedi/merenung/bertapa mencari pencerahan di dalam kost.

Saya jarang keluar rumah. Jarang sekali jalan-jalan. Banyak teman yang bilang sepertinya Saya butuh piknik agar tidak terus-terusan mengurung diri di dalam kost. Setidaknya Saya nyaman berdiam diri di dalam kamar kost.

Aktifitas dari hari ke hari yang itu-itu saja membuat Saya merasakan kebosanan yang cukup parah.

Tapi ada hal-hal yang berhasil membantu saya mengusir kegabutan dari hari ke hari. Selain skripsian, Saya juga sesekali ke perpustakaan. Dan sisanya mengerjakan hal-hal di dalam kamar dari yang penting dan tidak penting sama sekali. Saya hanya berusaha untuk terlihat lebih produktif meskipun tanpa aktifitas di luar ruangan.

Menulis

Sumber: Pixabay
Meskipun masih dominan kemalasan dalam menulis, Saya tetap berusaha untuk “memaksakan diri” selalu menulis supaya tulisan di blog tidak sepi dan tak berpenghuni. Setidaknya Saya senang jika tulisan Saya bisa dibaca oleh orang lain.

Baca juga: Ayokk Jadi Penulis!!!

Tidak hanya di blog, Saya juga menyelesaikan naskah yang tak kunjung selesai. Entah kapan selesai padahal target yang dibuat adalah bulan depan. Semoga saja Saya bisa mencapai target tersebut walaupun rasa malas selalu melanda, heuheuu.

Baca Buku

Sumber: Pixabay
Menunggu waktu berjalan memang sangat lama. Berbeda jika kita asyik mengerjakan sesuatu, waktu terasa begitu cepat berputar. Sore hari tanpa melakukan apa-apa memang enak membaca buku sembari tiduran.

Tapi yang selalu jadi kebiasaan buruk adalah ketiduran beneran sambil baca buku. Heuheuu

Bagi teman-teman yang memang lagi gabut, buku bisa jadi solusi untuk membunuh waktu yang berjalan sangat lama. Terlebih jika apa yang kita baca menarik perhatian kita.

Nonton film

Sumber: Pixabay
Bagian ini merupakan bagian favorit saya. Solusi paling jitu kalo lagi gabut. Selain skripsi yang selalu membuat “sakit kepala”, film adalah satu pelarian yang cukup ampuh. Durasinya yang lumayan panjang cukup menghibur di kala kebosanan menghampiri.

Namun sayangnya, menonton film terlalu lama dapat menyebabkan mata kering dan leher menjadi sakit. Makanya jangan terlalu lama nonton. Apalagi kalo marathon nonton drakor, upssss.

Dengar musik

Sumber: Pixabay
Sebelum tidur, mendengarkan musik bisa menenangkan pikiran. Melepaskan penat seharian karena “tidak bekerja”. Yah bagi saya tidak ada aktifitas juga membuat kita lelah. Lelah karena indera yang kita punya tidak kita fungsikan semaksimal mungkin.

Mendengarkan musik dan mencoba karokean sendiri cukup menghibur diri. Terlebih bisa melepaskan kebosanan sejenak. Meskipun kita tahu bahwa hari esok, kita akan berhadapan dengan hal yang sama (lagi).

Main HP

Sumber: Pixabay
Of course ini hal yang pasti dilakukan. Apalagi saya yang bisa dikatakan selalu bergantung pada handphone. Meskipun tidak ada kepentingan yang penting, melihat isi timeline teman pun cukup menghibur diri dari kebosanan yang melanda.

Baca juga: Kenapa Remaja Gak Pernah Lepas dari HP?

Tidur

Sumber: Pixabay
Nah bagi saya, jika memang sudah mengalami kebosanan yang sedemikian rupa, Saya lebih memilih untuk tidur. Tidur berjam-jam memang tidak baik. Tapi itulah yang saya lakukan ketika penat dan gabut. Apalagi jika suasana kost di siang hari terasa hening. Waktu yang tepat sekali untuk tidur siang.

Kalo teman-teman biasanya ngapain aja kala bosan? Komen dibawah yaa!

27 komentar:

  1. Alfa, posisi kita sekarang lagi sama banget haha. Ku juga satu-satunya penghalang ke wisuda cuma skripsi T.T Pengen lulus Agustus tapi revisi susah banget. Apalagi penelitian solo, so lonely

    BalasHapus
  2. Kalo saya kalo lagi bosan itu paling senang klo nonton atau makan. apalagi klo bisa nonton sambil makan. wuah,,, hilang bosannya (sesaat). heee

    BalasHapus
  3. Pernah pastinya, saya paling suka baca buku, menjauhkan hape, tidur juga enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang paling enak kayaknya tidur kak, heuheuuu

      Hapus
  4. Haha.. semangat ya mahasiswa tingkat akhir, aku pernah mengalami gabut... sering kumpul sama temen komunitas aja dek

    BalasHapus
  5. Kalo saya keluar rumah aja,walaupun itu cuma sekedar ngobrol sama tetangga,lebih menyenangkan lagi kalo bisa jalan-jalan.

    BalasHapus
  6. Beberapa hal sama, tapi kalau saya nonton youtube juga :D tapi bukan gabut sih namanya me time, hihi.

    BalasHapus
  7. Pernah ngerasain juga pas skripsian, aku alihin gabutnya ke 'ikutan kuis/giveaway'. wahahaa. Biasanya hari-hari berlalu gitu aja, tapi kalo ikutan kuis/giveaway jadi lebih semangat aja 'wah, tanggal sekian ada pengumuman kuis yg anuu, menang gak ya?' Bikin adrenalin terpacuuu :D

    BalasHapus
  8. Duh posisi kita sama banget. Hal-hal yang dilakukan juga. Selain itu, aku juga coba ikut-ikut charity, coba ikut event apa gitu, kumpul dengan komunitas. Biasanya dari situ dapat energi lagi. Ah, berarti aku gak ditelan bumi terlalu dalam sih. Hehe.

    BalasHapus
  9. Merencanakan perjalanan itu bikin semangat loh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan-jalan emaang enak kak. tapi gak kalo sendirian :D

      Hapus
  10. Ada tambahan ni fa klo mba suka nya makan klo lg badmood gtu

    BalasHapus
  11. Setiap manusia pasti mengalami masa bosan dan jenuh apalagi saat menjalani rutinitas yang nyaris sama, atau tekanan... Naaa tips mengatasinya boleh juga itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, pada dasarnya kalo lagi gabut yah itu yang dilakukan :D

      Hapus
  12. Tidur, yang paling bermamfaat adalah tidur. Skripsinya nanti aja, kalo dijadiin beban ya pasti berat. Jalanin aja, bikin target selesai dan fokus. Hehe
    Nice blog...

    BalasHapus
  13. Kalau lagi gabut buka tutup ig sampe bosan, atau kalau nggak nonton film sampe lelah hehehe harusnya buat ngeblog ya, biar gabutnya lebih produktif. Hehehe

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya!