Rabu, 31 Oktober 2018

Template Gratis atau Premium


Seperi biasa, agenda rutin Blogger Bengkulu di minggu ketiga yaitu Kelas Blogger. Kegiatan offline kelas blogger yang artinya setiap bulan selain bertemu secara online, juga bertatap muka secara langsung.

Kelas Blogger yang diadakan secara langsung memiliki sensasi yang berbeda. Karena kalo udah kumpul langsung bareng bobe semangatnya nambah. Hihiihh

Kelas Blogger kali ini mengenai domain dan template blog. Bahasan yang cukup tinggi dan dalam untuk di pahami tapi tetap enjoy menikmati materi sambil ngemil di Hangout Café & Resto.

Sembari nongki cantik kayak anak muda hits, kak piter sebagai owner sepenggal.info memberikan penjelasan mengenai domain. Meskipun sudah lama berkecimpung di blog, kalo bahasannya udah kesitu, Aku juga masih meraba-raba. Dan untungnya dengan belajar disini jadi tahu banyak hal yang belum begitu di pahami, salah satunya mengenai domain.



Baca: Kebutuhan Seorang Blogger

Kata “domain” memang sudah terdengar familiar bagi blogger, namun untuk lebih jelas seluk beluknya Aku aja belum begitu paham. Ternyata domain ini terbagi menjadi dua, yaitu nama domain dan ekstensi domain.

Nah mana yang dinamakan dengan nama domain dan ekstensi domain?

Blog ku bernama www.catatanpemimpi.com, nah catatan pemimpi itu adalah nama domainku, sedangkan .com adalah ekstensi domainnya. Ekstensi domain .com ini sudah berbayar dan teman-teman bisa dapatkan di website penyedia jasa domain ini seperti rumahweb, idwebhost, dll.

Materi yang gak kalah penting yang familiar di kalangan blogger selanjutnya yaitu template blog. Template blog di sampaikan langsung oleh mbak Ria bobe. Template ini merupakan tata letak yang bisa kita atur untuk blog kita.

Kebetulan juga blogger Bengkulu lagi baik banget nih sama kita yang hadir kemarin. Kita diberikan 3 template gratis untuk dipasang do blog kita masing-masing. Template yang diberikan sudah premium, jadi gak perlu khawatir kalo nanti ada yang hilang dari blog kita.



Nah sebenarnya aku belum mengerti apa kegunaan template yang premium/berbayar dengan template biasa yang bisa kita download di website penyedia gratis. Aku biasa menggunakan template yang aku download gratis di website gratis tersebut.

Meskipun ada jasa premium, namun entah mengapa naluri seorang manusia lebih suka yang gretongan, hihihihh. Dan tidak hanya itu, yang aku donwload secara gratis memiliki banyak sekali style mulai dari elegan, pinky, sampe ke alay-alayan pun ada.

Baca: Outfit Muslimah Millenials

Satu alasan lain yang tidak kupilih premium/berbayar yaitu templatenya yang membosankan dan terkesan kaku. Mungkin karena tata letaknya yang simple. Tetapi sebenarnya meskipun simple juga mempermudahkan kita atau teman-teman dalam mengakses blog tersebut.

Selain itu, template gratis biasanya ada salah satu elemen yang sengaja di hilangkan oleh si pembuat. Jadi bisa berpengaruh juga ke blog kita. Contohnya Aku yang sekarang terpasang templatenya gratisan, ketika share di media sosial, gambar postingan utama kita tidak bisa muncul secara otomatis. Nah disitu kekurang template yang Aku pakai sekarang.

Template gratisan memang memiliki banyak resiko, salah satunya ya seperti yang Aku alami saat ini. Akan ada satu ataupun banyak elemen yang tidak berfungsi sesuai dengan yang sebenarnya. Iyalah, kalo mau lengkap beli say, maunya gratisan tapi fitur lengkap, hahahah.

Setelah tersadar dengan keegoisanku tidak mau menerima kekurangan template gratisan yang gak lengkap fiturnya, mending beli yang premium aja. Investasi di awal namun membuat performa blog kita semakin baik. Toh juga akan diganti dengan job yang banyak, heheh.

Tak lupa juga, setelah menikmati hidangan materi yang membuatku semakin penasaran, di tutup dengan tradisi bobe setiap kegiatannya yaitu foto-foto. Dilanjutkan dengan makan-makan, mumpung lagi di tempat tongkrongan hits, hihihhh.

11 komentar:

  1. Pilih premium kalo mau serius jadi blogger. Biar bisa jadi dan menghasilkan yang diharapkan

    BalasHapus
  2. Udah lama gak ikutan ngumpul. Kalau aku dulu pakai template gratis. Sekarang udah premium semua. Sayang aja hasil ngeblog gak dipakai buat upgrade blog

    BalasHapus
  3. Bener banget mbak, kalo template gretongan sering banyak elemen yang hilang atau gak bisa diapa-apain.

    BalasHapus
  4. Template gratis juga bisa jadi bagus kalau tau cara ngaturnya hehe.
    Tapi ya biasa cewek-cewek malas ngutak atik html jadi beli premium aja laa

    BalasHapus
  5. Itu tergantung kitanya, kreatif ato nggak, yg penting asik dan konten

    BalasHapus
  6. Kelemahannya memang kalo kode yg gratisan suka berubah tetiba gtu. Jadi hrus gonta ganti..

    BalasHapus
  7. Blog saya ada yang premium dan ada yang berbayar. rencananya mau dibuat berbayar semua

    BalasHapus
  8. Kumpul kayak gini, bikin persaudaraan makin erat dan rejeki datang. Apalagi sambil makan2. Seruuu

    BalasHapus
  9. Enaknya acara Bobe, boleh bawak anak. Jd ga kuatir anak ama siapa. Bahkan bawa suami juga boleh...biar sekalian kumpul keluarga, hahaha

    BalasHapus
  10. Yess! Sudah pake template premium dong, biar tampilannya lebih cakep & lebih profesional :)

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya!