Kamis, 06 Desember 2018

Wujudkan 4 Program KBA di Lempuing Bengkulu

lempuing-bengkulu
Salah satu program terbaik dari PT Astra International Tbk dalam kegiatan sosialnya yaitu Kampung Berseri Astra. Program tersebut merupakan program Sosial Berkelanjutan Astra yang di implementasikan untuk masyarakat berdasarkan konsep empat pilar, yaitu Kesehatan, Pendidikan Lingkungan, serta Kewirausahaan.

Program yang sangat menarik untuk bekerjasama dengan masyarakat dalam hal mewujudkan Indonesia ke depannya. Astra melaksanakan program tersebut bersama dengan 77 daerah di seluruh Indonesia yang dinamakan binaan Kampung Berseri Astra (KBA).

Salah satu daerah yang memiliki KBA di daerah saya yaitu Lempuing, Bengkulu. Sejak tahun 2017, program ini sudah berjalan dengan mengutamakan ke empat pilar tadi.

Lingkungan Bersih

Masyarakat yang sehat dimulai dengan lingkungan yang dijaga dengan bersih. Program kebersihan peduli dengan lingkungan menjadikan masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan.

Bergotong royong dalam membersihkan setiap sudut lingkungan. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk merawat daerahnya sendiri dalam hal kebersihan. Karena kebersihan hal yang harus diutamakan dalam segala hal.

Kesehatan diutamakan

Meskipun terdaftar sejak satu tahun yang lalu, program KBA di Lempuing, Bengkulu masih tetap berjalan hingga sekarang. Program kesehatan yang baru saja dilakukan yaitu bakti sosial dan senam bersama masyarakat setempat. Selain itu diadakan juga donor darah serta cek kesehatan gratis yang bekerjasama dengan PMII.

Picture by: pedomanbengkulu.com

Melalui kerjasama dari berbagai pihak, program demi program terlaksana dengan baik demi menumbuhkan semangat masyarakat untuk selalu hidup sehat. Dengan masyarakat yang terlibat untuk hidup sehat diharapkan mampu untuk membiasakan diri baik dengan adanya program maupun tanpa ada program tersebut.

Kecerdasan Penerus Bangsa 


Dengan memperhatikan masa depan penerus bangsa, kecerdasan anak-anak juga harus di utamakan. Hal ini telah menjadi sorot utama Astra dalam menciptakan penerus bangsa yang unggul dalam kecerdasannya.

Fasilitas seperti pemasangan wifi untuk masyarakatnya mencari segala informasi, serta perpustakaan umum yang sangat berguna bagi masyarakat serta anak-anak dalam mendapatkan ilmu pengetahuan baru.

Produktif Berwirausaha

Melalui program kewirausahaan, tujuan utamanya yaitu produktif berwirausaha. Untuk terlaksananya program kewirausahaan, Astra memberikan pelatihan pemasaran online serta manajemen keuangan yang berkelanjutan dan terencana dengan baik.

Tidak hanya unggul dalam kecerdasan saja, masyarakat hendaknya bisa memanfaatkan sumber daya yang ada menjadi sebuah penghasilan untuk masayrakat itu sendiri. Sehingga nantinya masyarakat lebih produktif dalam mengelola perekonomian ke depannya.

Picture by: pedomanbengkulu.com

Tidak hanya pelatihan saja, masyarakat diberikan kesempatan membangun atau mendirikan usaha melalui UKM. Astra juga memberikan bantuan dana untuk masyarakat yang ingin memulai mendirikan UKM, dengan produktif dalam berwirausaha akan menjadikan upaya untuk memperkuat daya ekonomi masyarakat terutama di Lempuing, Bengkulu.

Program yang sangat positif melalui KBA ini sangat membantu pemerintah untuk ikut mengedepankan nasib masyarakat supaya menjadi lebih baik. Karena untuk menjadikan negara ini lebih baik memang harus dimulai dari daerah terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya!