Kamis, 03 Januari 2019

Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Hidupmu Produktif

hidup-produktif

Siapa yang gak suka kehidupan yang produktif?

Menjalani hari dengan berbagai macam hal yang kita senangi sekaligus dapat meningkatkan semangat kita sendiri.

Tahun baru dengan suasana yang baru. Berbagai macam resolusi pun dibuat sedemikian rupa dalam menyambut tahun yang baru. Meskipun masih seperti hari biasa, tahun baru seakan menyihir kita terbawa dengan suasana serta semangat yang baru. Makanya banyak banget orang yang menyambutnya dengan suka cita.
Apa saja resolusimu untuk dijalankan satu tahun ke depan?
Kalo aku sedikit hide resolusi tahun ini karena malu resolusi di 2018 kemarin banyak yang gagal, hihihhh. Tadinya mau bikin rewind goals 2018, tetapi setelah di timang-timang, tahun kemarin aku sama sekali gak maju, hedeuhhh.

Karena banyak hal-hal dan faktor yang menyebabkan tahun 2018 ini lesu dan gak semangat mengejar target. Salah satunya gagal wisuda. Yah mau gimana lagi, sekarang di tahun 2019 ini harus di pompa lagi targetnya biar tercapai dan lebih semangat lagi.


Baca juga: 6 hal yang harus dilakukan ketika umur 20an

Lesu di tahun kemarin bukan berarti harus dilanjutkan di tahun 2019 ini dong ya. Ada banyak hal yang bisa buat kamu lebih produktif dalam aktifitas sehari-hari. Beberapa yang aku buat ini adalah yang sering aku kerjakan setiap hari agar hidup kita lebih produktif dan semangat.

tidur-awal

Tidur lebih awal

Sebagai seorang mahasiswa apalagi semester akhir, mungkin sudah tidak mengenal yang namanya tidur cepat. Padahal tidur lebih awal membantu kita untuk menjaga kesehatan sekaligus menjaga semangat di pagi harinya.

Tapi buat teman-teman yang belum ada kesibukan yang terlalu penting, sebaiknya menghindari tidur terlalu larut. Dengan tidur lebih awal saat sudah menyelesaikan kesibukan, akan membuat kita tidak mudah mengantuk untuk melanjutkan kesibukan lainnya keesokan hari.



daily-checklist
Buat daily checklist

Membuat daftar kegiatan yang akan kita lakukan selama satu hari membantu kita menepati apa yang akan kita rencanakan sebelumnya. Aktifitas rutin memang akan selalu ada di ingatan. Namun siapa yang akan mengingat kegiatan-kegiatan kecil lainnya yang hendak kita lakukan jika kita tidak mempersiapkannya.

Sebelum tidur ada baiknya untuk merencanakan apa saja kegiatan esok hari yang akan kita lakukan. Dengan membuat daftar kegiatan sehari-hari, kita jadi lebih siap saat mengerjakannya dan tidak ada hal yang tertinggal yang belum kita kerjakan nantinya.

bangun-pagi
Bangun Pagi

Selain tidur lebih awal, bangun pagi merupakan suatu keharusan buat kita agar lebih semangat dalam menjalani hari yang produktif. Begitupun denganku, semangat dalam menulis akan muncul ketika aku bangun subuh. Kalo gak bangun subuh, kegiatan selanjutnya pasti akan terbengkalai.

Dengan menghirup udara yang lebih segar di pagi hari, biasanya pikiran kita akan tenang dan lebih fokus untuk melakukan hal-hal yang hendak kita lakukan. Maka dari itu, kita harus terbiasa bangun pagi untuk memulai hari lebih semangat dan produktif.

membaca
Membaca

Membaca tak melulu harus dengan buku-buku yang tebal. Kita bisa memulai dengan bacaan ringan seperti artikel atau berita di media sosial. Apalagi jika kita seorang blogger. Asupan makanan seorang blogger agar rajin menulis ya dengan membaca.

Baca juga: Bijak dalam sosial media

Membaca membuat kita lebih mengenal serta belajar hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Dengan menambah pengetahuan serta wawasan kita sendiri dapat menjadikan kita lebih produktif dalam kehidupan sehari-hari.

perdalam-yang-kamu-suka
Perdalam apa yang kamu suka

Belajar serta memperdalam pengetahuan tentang apa yang kita suka merupakan hal yang sangat produktif yang bisa kita lakukan. Menyukai sesuatu dan ingin tahu lebih dalam adalah hal yang sangat baik bagi kita.

Misalnya saja teman-teman suka dengan desain grafis, dengan memperdalam ilmu tentang desain grafis, kita bisa mengembangkan kemampuan kita lebih jauh dengan mendesain web, iklan, atau yang lainnya.

Baca juga: Gabung Komunitas agar skill jadi meningkat

Hal yang kita suka akan menjadi sesuatu yang menghasilkan jika kita preteli satu-satu ilmunya. Temukan apa yang kita sukai selama ini dan mulai menggali lebih dalam apa yang kita suka. Bisa jadi nanti itulah yang membuat kita semakin berkembang pesat.

4 komentar:

  1. Sayaa juga menerapkan membuat daily checklist mbaak tiap harinya. biar ndak ada yg kelewatan dan pemacu supaya lebih produktif 😊 tfs mbaak yaa, salam kenaal 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kadang kita lupa sama hal-hal yang kecil tapi berdampak untuk kita sendiri.

      Hapus
  2. Semenjak lulus kuliah malah saya susah tidur padahal dulu jaman kuliah tidur pasti di jam 9 malam. sekarang setelah nikah jam 12 malam baru tidur

    BalasHapus
  3. Bangun pagi tuh penting. Supaya pas sudah masuk dunia kerja nggak kaget. Nggak mungkin dong datang ke kantor telat terus.

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya!