Selasa, 12 Maret 2019

Jangan Ajukan Pinjaman Online Kalau Kondisi Keuanganmu Begini

pinjaman-online

Kondisi keuangan pribadi adalah hal penting yang perlu dicek sebelum kamu memutuskan untuk apply pinjaman, baik ke bank ataupun ke fintech seperti Kredivo. Maksudnya adalah, boleh aja pinjam uang untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang perlu dipenuhi segera, tapi pastikan juga kalau kondisi keuanganmu masih mumpuni untuk membayar angsuran bulanannya.

Kalau kondisi keuanganmu sendiri sudah carut marut, dalam artian lebih besar pengeluaran dibanding pemasukan, mengajukan peminjaman, apalagi ke fintech dengan suku bunga tinggi, hanya akan menambah beban keuangan lainnya alih-alih membantu memenuhi kebutuhan. Menurut banyak pakar keuangan, kondisi keuangan yang sehat dan ideal bisa terlihat dari formula 50-30-20. 50% untuk kebutuhan primer atau kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan pribadi seperti hiburan, liburan, dan cicilan, dan 20% untuk tabungan, asuransi, serta investasi.

30% dari total penghasilan adalah angka yang cukup krusial apabila terkait dengan cicilan. Apabila jumlah cicilan yang kamu punya saat ini sudah mencapai atau bahkan melebihi 30% total penghasilanmu, maka kamu harus berhenti berutang sementara sampai cicilan tersebut lunas. Jangan ajukan pinjaman lainnya kalau mau kondisi keuanganmu tetap sehat dan kebutuhan lainnya tidak terganggu pemenuhannya.

Mengapa? Sebab, mayoritas peminjaman online menerapkan tingkat suku bunga yang cukup tinggi. Selain itu, limit yang diberikan juga kecil dengan tenor pengembalian yang sangat singkat. Jika penghasilanmu sudah 30%-nya dialokasikan untuk bayar cicilan lain, beban cicilan akan membengkak kalau tetap memaksakan mengajukan peminjaman online.

Bagaimana jika kondisinya terpaksa karena tidak punya dana cadangan di tabungan? Misalnya untuk kebutuhan rumah sakit? Maka kamu bisa pilih peminjaman online yang suku bunganya paling rendah seperti Kredivo. Di saat fintech lain rata-rata menerapkan suku bunga harian sebesar 1%, suku bunga Kredivo hanya 2,95% per bulan, baik untuk cicilan barang ataupun peminjaman tunai.

Selain itu, fasilitas yang ditawarkan Kredivo juga lebih beragam. Apabila sudah daftar akun dan punya limit kredit dari Kredivo, kamu bisa gunakan limit tersebut untuk belanja cicilan s.d 12 bulan di merchant online rekanan Kredivo seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, atau Lazada, bisa untuk dicairkan jadi dana tunai di saat mendesak, dan bisa juga dipakai untuk beli pulsa, paket data, token PLN, dan tiket pesawat ke semua rute secara langsung lewat aplikasi Kredivo.
 
Mau daftar akun Kredivo? Kamu perlu memenuhi tiga syarat berikut ini:

  1. WNI berusia minimal 18 tahun ke atas.
  2. Berpenghasilan tetap minimal sebesar Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.
Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk daftar. Jika tujuannya adalah untuk pinjam uang tunai, pastikan kamu mendaftar sebagai pengguna cicilan atau akun premium. Sebab, fitur pinjaman tunai yang ada di aplikasi Kredivo hanya berlaku bagi pengguna cicilan atau premium. Kalau mau proses approval yang lebih cepat dan dokumen persyaratan yang sedikit, kamu juga bisa pilih daftar Cicilan Express atau akun Premium Express. Tidak perlu upload slip gaji atau rekening koran, cukup sambungkan akun internet banking-mu sebagai bukti penghasilan dan satu akun e-commerce yang sudah ada riwayat transaksinya sebagai bukti tempat tinggal.

Kalau sudah menyelesaikan pendaftaran, selanjutnya tunggu proses approval dari Kredivo dalam waktu maksimal 1 x 24 jam. Jika pendaftaranmu disetujui, kamu akan menerima sejumlah limit kredit di akun Kredivo-mu yang bisa langsung digunakan sesuai kebutuhan.

Jika kebutuhannya adalah peminjaman tunai, kamu dapat langsung masuk ke menu “Layanan” dan pilih fitur pinjaman mini atau jumbo. Untuk versi mini, minimal peminjamannya adalah Rp 500 ribu sedangkan versi jumbo, minimal peminjaman yang bisa kamu ajukan adalah Rp 1 juta. Tenor pengembalian untuk peminjaman mini maksimal hanya 30 hari, sedangkan untuk peminjaman jumbo, opsi tenornya ada dua, yaitu 3 bulan dan maksimal sampai 6 bulan.

Kalau butuh dana dalam jumlah agak besar, pilih fitur pinjaman jumbo. Kamu bisa ajukan maksimal sebesar limit kredit yang kamu punya untuk tenor 6 bulan. Misalnya, total limit kredit yang kamu dapat di akun Kredivo adalah Rp 20 juta. Untuk tenor 6 bulan, limit yang tersedia ada Rp 8 juta. Artinya, maksimal yang bisa kamu ajukan di Kredivo adalah Rp 8 juta dengan tenor pengembalian maksimal 6 bulan dan suku bunga 2,95% per bulannya. Jika pengajuanmu disetujui oleh Kredivo, dana akan langsung cair dalam hitungan menit atau maksimal 1 hari kerja ke rekening pribadi yang kamu daftarkan saat pengajuan.
This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya!