Minggu, 17 Maret 2019

Museum menarik di sekitar UGM Jogja yang perlu kamu kunjungi Ala Mamikos


Memilih kampus terbaik nampaknya menjadi impian setiap orang. Bermunculan kampus terbaik di Indonesia dari berbagai kota. Salah satu kota yang menduduki peringkat teratas dengan berbagai kampus terbaik adalah Yogyakarta.

Yogyakarta dikenal sebagai kota istimewa dengan sejuta inspirasi bagi para pelajar atau mahasiswa. Kota ini kaya akan budaya, seni, pendidikan, dan juga kearifan lokalnya. Dari berbagai penjuru daerah banyak yang menuntut ilmu dikota ini. Oleh itu Yogyakarta disebut sebagai kota pelajar.

Dari sekian kampus ternama di Yogyakarta, satu diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada atau UGM. UGM sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Tak heran jika banyak yang ingin kuliah disini. Dengan infrastruktur kampus yang sangat maju, memberikan nilai lebih bagi para mahasiswa dalam menuntut ilmu.
Sebagai kampus besar di Yogyakarta, berbagai mahasiswa dari penjuru daerah berdatangan. Hal inilah yang memberikan peluang tinggi bagi masyarakat luas dan sekitar untuk mulai membangun tempat tinggal sementara atau kost, tempat makan, fotocopy, loundry dan bahkan berbagai tempat bersejarah.

Disekitar luar kampus ada banyak sekali dibangun kost mahasiswa. Kamu pun bisa mencari kost putra dekat ugm melalui mamikos, dengan cara download aplikasi mamikos. Menjamurnya kost disekitaran UGM memudahkan untuk akses ke kampus.

Biasanya berbagai tempat menarik bermunculan di sekitaran kampus. Selain lokasi yang strategis, banyak juga mahasiswa yang berdatangan baik hanya sekedar mengunjungi saja atau sekalian melakukan penelitian. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ada beberapa museum menarik di sekitar UGM. Penasaran? Berikut pilihannya ala mamikos :

Museum UGM

Museum ini terletak di blok D-6 dan D-7 timur Boulevard UGM. Museum ini masih ada di Kompleks Kampus UGM. Perlu kamu ketahui bahwa museum ini pernah menjadi tempat persinggahan Presiden ke-44 Amerika Serikat.
Barack Obama sewaktu kecil. Berbagai benda bersejarah ada disini seperti mesik tik Ki Hajar Dewantara, radio kuno, kursi dan alat-alat perkuliahan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, meja kerja Iman Soetiknjo, serta memorabilia Prof. Dr. Sardjito. Selain itu juga terdapat karya UGM yaitu tungku hemat energy. Jika kamu ingin berkunjung, museum ini dibuka secara umum dari jam 9 pagi hingga 3 sore.

Museum Batik

Jika kamu menyukai kerajinan batik, tak perlu jauh-jauh untuk bisa menikmatinya. Kamu bisa mengunjungi Museum Batik yang terletak di Jalan Dr. Sutomo nomor 13 A Yogyakarta. Berbagai koleksi ragam batik milik keluarga Hadi Nugroho dan R. Ng.
Jumima Dewi Sukaningsih. Jika kamu ingin mengunjungi museum ini cukup dengan membayar 15 ribu rupiah saja. Selain bisa melihat berbagai koleksi batik secara langsung, kamu bisa berlatih membuat batik dengan membayar sejumlah 40 ribu saja. Menarik bukan? Selain bisa memberikan edukasi, kamupun bisa berlatih secara langsung. Siapa tau nantinya kamu akan menjadi pengusaha batik ternama.

Museum Affandi

Terletak di Jalan Laksda Adisucipto nomor 167 Yogyakarta, museum ini dibangunan dan dikelola oleh Affandi Foundation. Jika kamu mengunjungi tempat ini, nampak depan bangunan ini sangat nyentrik. Atap bangunan ini menyerupai bentuk daun pisang.
Di dalam museum ini terdapat sekitar 250 karya lukisan Affandi. Ciri khas dari lukisan seorang Affandi adalah pada ekspresionis dan romantis. Untuk berkunjung kesini, kamu cukup membayar sebesar 50 ribu saja. Jika kamu ingin berfoto disini maka akan dikenakan tarif tambahan

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya!