Minggu, 28 Juli 2019

Investasi Yang Cocok Untuk Pemula


Sejak umur berapa kamu tahu apa itu investasi?

Semakin dewasa, kita akan menemui lingkungan dimana pembahasan bukan lagi tentang ngerjain PR, bikin tugas kelompok, dll, melainkan tentang kehidupan yang lebih nyata lagi seperti rencana bekerja, menabung ketika mendapatkan penghasilan, sampai ke pernikahan. Semua itu akan kita temui dan mau tidak mau kita mesti belajar.

Investasi misalnya, kita mungkin pernah mendengar sedikit banyaknya tentang cara berinvestasi. Investasi menurutku merupakan cara lain menabung yang paling bijak. Karena dengan berinvestasi, uang tabungan kita tetap ada tanpa harus tergerus invlasi.

Akhir-akhir ini aku belajar tentang investasi dan banyak banget ilmu yang bisa kita pelajari baik itu di blog yang di share oleh financial blogger maupun sosial media. Belajar berinvestasi adalah cara modern kita agar melek keuangan.

Lalu apa saja jenis investasi yang pernah kita dengar dan banyak diterima oleh masyarakat? Berikut jenis-jenis investasi yang juga aku pelajari dan sudah kupahami sedikit demi sedikit.




Saham

Investasi saham merupakan investasi paling terkenal sedunia ni kayaknya. Banyak orang berinvestasi dan menanamkan modal di perusahaan-perusahaan besar. Tak hanya perusahaan swasta bahkan di BUMN pun kita bisa berkontribusi.

Ketika kita berkontribusi dengan menanam saham, kita juga akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan tersebut. Keuntungan dari perusahaan yang kita dapatkan juga cukup besar, namun kita juga harus ingat dengan tingginya resiko menanam modal di perusahaan yang kadang harga sahamnya naik turun. Perlu belajar ekstra sebelum kita memilih berinvestasi saham, jangan sampai karena ikut-ikutan biar keren tapi kita tidak tahu ilmunya dan bisa merugikan diri kita sendiri.




Emas

Investasi emas ini bisa dibilang investasi yang paling aman. Cara menabung dengan resiko kerugian yang cukup kecil. Namun kita juga harus pintar-pintar membaca situasi harga emas, karena setiap hari harga emas cenderung berubah-ubah.

Investasi emas juga sudah dilakukan sejak jaman ibu-bapak kita dulu. Dimana setiap memiliki penghasilan dari pekerjaannya, mereka biasanya membeli emas perhiasan untuk disimpan dan dijual kembali nantinya dengan melihat harga pasar emas per harinya.

Program lain yang bisa kita coba yaitu menbaung emas. Menabung emas bisa dilakukan oleh siapa saja dan mirip sekali dengan menabung di Bank. Hanya saja menabungnya dengan berbentuk emas yang bisa kita ambil suatu saat nanti ataupun dijual kembali. Menabung emas kini cukup mudah. Bahkan perusahaan milik negara sudah memfasilitasi bagi kita pemula untuk menabung emas dengan harga mulai dari per-gramnya. Jadi buat teman-teman yang ingin investasi emas bisa dimulai dari sini.



Properti

Sering juga kita jumpai orang tua kita berinvestasi dengan membeli tanah ataupun rumah. Nah ini merupakan bentuk investasi jangka panjang yang bisa digunakan lagi suatu hari. Investasi ini tergolong investasi properti dimana kita membeli properti dalam bentuk tanah ataupun rumah yang bisa dijual kembali saat harganya meningkat suatu saat.

Sudah banyak sekali yang menyukai investasi properti ini dan banyak yang melakukan bisni jual beli rumah maupun tanah. Salah satunya di www.jualsewatanah.com yang merupakan situ khusus jual beli sewa tanah. Sekarang di situs tersebut menyediakan jual tanah dari berbagai kota yang ada di Indonesia, salah satunya jual tanah di Jakarta Pusat. Untuk teman-teman yang berniat untuk berinvestasi tanah bisa dilihat dalam kategori daerah masing-masing. Lengkap dengan informasi harga, ukuran, dan lokasi jual tanah.

Semakin pesatnya kecanggihan zaman, tidak lagi mempersulit kita dalam berinvestasi. Kita hanya perlu memiliki kemauan mau memilih investasi yang mana. Karena berinvestasi merupakan cara menabung dan cara menyelamatkan uang paling bijak.
This entry was posted in

1 komentar:

  1. Menarik kak artikelnya. Di usiaku yang sudah 20an ini pengen mulai investasi. Tapi masih perlu belajar dulu dan memilih mana yang cocok.


    Main ke blogku juga ya kak :)

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya!