Rabu, 21 April 2021

Rekomendasi Kegiatan Positif Saat Puasa

kegiatan-puasa-ramadhan

Bulan Ramadhan telah berjalan beberapa hari. Meskipun masih dalam keadaan pandemi, tapi vibesnya masih sama seperti beberapa tahun belakang. Bulan puasa akan selalu rame, apalagi menjelang berbuka. Jalanan dan pasar apalagi, pasti macet. Wkwkwk.

Salah satu yang bikin bulan ramadhan adalah bulan yang khas, yaitu waktu terasa begitu singkat. Kegiatan baik itu sekolah maupun bekerja pasti dipersingkat. Yang biasanya pulang kerja jam 6, sekarang dipersingkat satu jam lebih awal. Yang biasanya belajar disekolah pulang jam 1, sekarang bisa pulang lebih awal. Dengan aktifitas yang sedikit berkurang, bisa menjadi kesempatan kita untuk melakukan hal-hal atau kegiatan positif lainnya.

Ibadah

Bulan puasa adalah bulan suci dimana kita bisa lebih khusyuk dalam mengejar ibadah. Mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya adalah semcam kesempatan yang Allah berikan pada bulan ini. Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk melakukan ibadah. Yang tadinya males-malesan, mari kita biasakan kembali beribadah sebanyak mungkin. Ibadah bisa bermacam-macam, kamubisa mulai tadarusan dan mengkhatam Al-Quran, ikut kajian bersama, dan lain-lainnya.

Eksperimen Memasak

Bagi sebagian keluarga, bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama. Kegiatan mempersiapkan hidangan buka puasa, terutama bagi perempuan bisa menjadi salah satu kesempatan untuk belajar masak. Tidak menutup kemungkinan, bahwa kita bisa bereksperimen sebebasnya dalam memasak dengan mencoba berbagai macam menu baru. Siapa tahu, sehabis lebaran mendadak jadi Chef handal , ya kan? Hihih.

Membuat Kerajinan/DIY

Siapapun pasti pernah membuat sesuatu, entah itu menggambar, menjahit, dan lain sebagainya. Membuat suatu kerajinan ataupun DIY merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat mengisi hari-harimu loh.

Kamu bisa belajar tutorial yang banyak tersebar di Youtube dan mencobanya sendiri dirumah bukan. Syukur-syukur kalau hasil kerajinan kamu bisa dijual dan bernilai. Selain melakukan kegiatan positif dan menyenangkan, kamu juga bisa dapat penghasilan.

Menulis blog

Menulis blog bagi seorang blogger adalah suatu keharusan, tidak perlu menunggu bulan Ramadahan. Tetapi, kamu yang baru mau memulai menulis blog bisa melakukan kegiatan ini di bulan Ramadhan. Apalagi banyak sekali topik yang bisa kamu ceritakan di blogmu tentang Ramadhan.

Kegiatan tulis-menulis ini cukup membuatmu produktif serta dapat bermanfaat untuk membangun skill kamu. Jadi, tidak ada salahnya mencoba. Ya kan?

Ikut Relawan Ramadhan

Satu lagi kegiatan sosial yang bisa jadi rekomendasi untukmu nih. Menjadi relawan Ramadhan yang biasanya bertugas untuk mengumpulkan donasi serta berbagi makanan atau barang bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan.

Kegiatan positif ini bisa kamu lakukan sebagai pengusir rasa bosan saat berada dirumah terus. Kamu bisa lakukan kegiatan ini bersama temna-temanmu. Selain bernilai sosial, ini juga bernilai pahala untukmu.

Masih banyak banget kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bisa kamu coba. Kegiatan yang dilakukan dengan semangat, lama-ama akan membuatmu terbiasa. Sehingga tidak hanya menunggu bulan Ramadahan, tetapi di hari-hari selanjutnya kamu menjadi lebih terbiasa dan melanjutkan kebiasaan positifmu itu.

Sabtu, 13 Februari 2021

Basic Skill Microsoft Office Yang Wajib Banget Kamu Pelajari


Kita tahu bahwa setiap harinya, dunia semakin maju dan berkembang pesat. Ada banyak sekali ide teknologi yang perlahan muncul dan membantu kita memudahkan berbagai macam urusan. Ya, memang teknologi didasarkan untuk membantu kehidupan manusia agar lebih mudah dan terbantu. Sehingga apapun pekerjaan itu dapat menjadi lebih efisien dan lebih cepat.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kita semua membutuhan teknologi. Hampir semua dunia kerja, sekolah, fasilitas umum, bahkan di rumah kita sendiri sudah banyak menggunaan teknologi. Terlebih bagi kita yang saat ini bekerja, fasilitas kantor yang menggunakan teknologi harus dan wajib kita kuasai.

Untuk mempermudah pekerjaan bagi kita yang sedang bekerja di kantor, teknologi seperti komputer atau laptop beserta perangkat lunak yang ada di dalamnya merupakan suatu hal yang mendasar yang harus kita kuasai. Terutama Microsoft Office.

Sebenarnya tidak hanya untuk orang yang bekerja di kantor, microsoft office sering digunakan untuk mereka dalam hal pengetikan laporan, skripsi bagi yang berkuliah, tugas sekolah, dan masih banyak lagi.

Berbagai Macam Jenis Microsoft Office

Simple namun bermanfaat. Basicnya, kita telah mengenal tiga jenis microsoft office yang memang sering sekali digunakan dalam perkantoran.
 
1. Microsoft office word: digunakan untuk membuat dokumen maupun jurnal
2. Microsoft office excel: digunakan untuk membuat, mengolah, maupun menganalisis data
3. Microsoft office power point: digunakan untuk membuat presentasi atau slide show

Dalam dunia kerja, tiga basic microsoft office ini wajib untuk kita kuasai. Bagi kalian bekerja dan masih dalam proses belajar mengoperasikan microsoft office, ada banyak sekali pelatihan yang dapat meningkatkan skill kamu terutama microsoft office. Bagi kamu yang saat ini bekerja dari rumah (work from home), kita bisa memilih pelatihan online microsoft office Skill Academy.

Yah, saat ini pemerintah menyediakan program Prakerja buat kita yang membutuhan berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan skill atau kemampuan, salah satunya lewat Skill Academy.

Lalu apa saja sih yang ada di Skill Academy?


Terdapat Berbagai Macam Pelatihan Microsoft Office

Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruang Guru, dimana Ruang Guru merupakan platform pembelajaran bagi siswa maupun mahasiswa secara online. Nah sedangkan Skill Academy lebih fokus dalam meningkatkan keterampilan bagi orang-orang yang siap untuk melangkah ke dunia kerja.

Ada banyak sekali pelatihan maupun webinar singkat yang bisa kita pilih sesuai dengan bidang-bidang yang ingin dikuasai. Di website Skill Academy, masing-masing pelatihan dikelompokkan kedalam berbagai kategori seperti, kategori Bisnis & Keuangan, Pengembangan Diri, Marketing, Teknologi, dan masih banyak lagi. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam memilih pelatihan sesuai dengan basic yang telah ada.

Harga Pelatihan Terjangkau

Dalam berbagai macam pelatihan juga tertera harga pelatihan yang berbeda-beda. Harga pelatihan bervariasi tergantung dari tingkat pelatihan itu sendiri. Bagi kamu yang mengambil pelatihan dengan Kartu Prakerja, akan ada kode tersendiri dalam membeli pelatihan tersebut. Bagi yang bukan melalui Kartu rakerja, akan ada metode embayaran yang bisa kamu pilih seperti Bank, OVO, dan lain sebagainya.


Tutor Berpengalaman

Setiap pelatihan, akan ada tutor yang mengajar atau menjelaskan materi. Skill Academy memilih tutor yang berpengalaman dibidangnya. Seperti misalnya di pelatihan “Microsoft Office Untuk Pekerja”, tutornya merupakan seorang Trainer Personal Development, yang mana sesuai dengan tujuan dalam pelatihan yaitu untuk mempersiapkan ke dunia kerja.

Pembelajaran Yang Easy To Understand

Bagi yang sudah pernah mengambil pelatihan di Skill Academy tentunya sudah tahu bagaimana sistem pembelajaran dalam pelatihannya. Biasanya kita akan disuguhkan dengan materi berupa visual atau video penjelasan dari tutor. Selain itu ada juga test sebelum kita mulai materi, webinar dan kuis, serta test sesudah kita menyelesaikan materi. Penjelasan tutor dikemas dalam bentuk video yang menarik dengan penjelasan yang cukup jelas sehingga membuat kita lebih mengerti materi tersebut.


Sertifikat Prakerja

Lalu di akhir sesi, jika kita sudah menyelesaikan semua materi dan tes, kita akan mendapatkan sertifikat pelatihan. Sertifikat tersebut bisa digunakan untuk referensi melamar pekerjaan yang tentunya sesuai dengan bidang pelatihan kita tersebut.

Ulasan (Saran dan Masukan)

Skill Academy menyediakan kolom ulasan bagi kamu yang ingin menyampaian saran maupun masukan tentang pelatihan yang telah diselesaikan. Hal ini berguna untuk progress Skill Academy kedepannya agar lebih baik lagi dalam membantu orang-orang dalam persiapan masuk ke dunia kerja.

Skill Academy dalam hal membantu mempersiapkan kita masuk dalam dunia kerja merupakan hal yang luar biasa. Banyak sekali pelatihan-pelatihan yang bisa kita pilih sesuai dengan apa yang kita butuhkan untuk meningkatkan keterampilan diri. Dengan materi yang cukup bisa dimengerti serta tes akhir untuk menguji kemampuan diri, kita jadi lebih bisa siap dalam melangkah ke dunia pekerjaan.
This entry was posted in

Sabtu, 30 Januari 2021

Mengenal Fakta Menarik Nasi Lengko Yang Melegenda

Nasi adalah salah satu dari beberapa macam makanan pokok yang dimiliki masyarakat Indonesia. Tetapi supaya rasanya lebih enak disantap biasanya mereka mengolah nasi menjadi nasi goreng, atau bahkan nasi lengko yang berasal dari Pantura. Kalau kemarin kita membahas tentang nasi uduk yang has dan sudah banyak diketahui masyarakat umum, sekarang kita bahas makanan khas nusantara satu ini yang juga berbahan dasar nasi.

Tentunya kamu pernah mendengar atau bahkan pernah mecicipinya kan? Tetapi bagi yang masih asing dengan yang namanya Nasi Lengko. Berikut dibawah ini beberapa fakta menarik tentang “Nasi Lengko” yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

Sejarahnya, Nasi Lengko Makanan Rakyat Biasa

Menurut sejarahnya, nasi lengko adalah makanan untuk rakyat biasa. Lengko berasal dari kata “langka” yang berarti jarang. Dalam bahasa Cirebon, “lengko” berarti tidak ada. Maksudnya, kuliner ini tidak banyak menggunakan lauk pauk. Dulunya, makanan ini dibuat oleh masyarakat Cirebon saat kondisi keuangan mereka mengalami kekurangan.

Nasi Lengko Tidak Hanya Di Cirebon

Nasi lengko atau dikenal juga dengan nama sega lengko adalah salah satu kuliner khas masyarakat di Pantura atau Pantai Utara Jawa. Beberapa daerah yang termasuk kedalam Pantura adalah Indramayu, Brebes, termasuk Cirebon, dan beberapa kota lainnya. Oleh karena itu, nasi lengko juga sangat terkenal di kota Cirebon.

Selain itu juga nasi lengko terkenal sangat kaya protein dan lebih sehat. Pasalnya bahan bahan yang ditambahkan atau dicampurkan dengan nasi lengko bukan daging, tetapi sayur sayuran dan  tahu tempe.


Bisa Dimakan Bersama Lauk Tambahan

Satu porsi nasi lengko terdiri dari nasi putih, toge yang telah direbus, tahu dan tempe goreng yang dipotong kecil kecil, potongan tipis timun segar, bawang goreng, dan daun kucai. Lalu, semua bahan yang telah ada diatas piring disiram dengan bumbu atau kuah kacang. Dan jangan lupa menambahkan kecap manis supaya rasanya lebih enak.

Jika kamu merasa lauk pada nasi lengko diatas masih kurang, tetapi biasanya penjual nasi lengko juga menyediakan lauk lain yang bisa ditambahkan diatasnya seperti telur dadar, telur mata sapi, pare, dan lainnya.

Ada juga pilihan kerupuk di setiap warung nasi lengko. Bahkan beberapa orang lebih menyukai siraman kecap manis diatas kerupuknya, lalu dimakan bersama nasi, dibandingkan dengan menyiramkannya langsung diatas nasi.

Harga Yang Murah Dan Terjangkau

Di Cirebon, kamu bisa menemukan cukup banyak penjual nasi lengko yang menawarkan harga terjangkau. Seporsi nasi lengko dijual sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000, tergantung pada lauk tambahan yang dipilih. Nasi lengko disarankan untuk dimakan selagi masih hangat supaya rasanya menjadi lebih gurih.

Tidak lengkap rasanya, jika tidak menjajal nasi lengko ini saat kamu berwisata kuliner di Cirebon. Di kota ini, ada beberapa  tempat yang bisa kamu tuju untuk menyantapnya. Seperti salah satunya adalah Nasi Lengko H Barno sebuah warung makan yang merupakan warisan H Barno dari almarhum ayahnya yang telah berjualan sejak tahun  1968. Warung H Barno ini selalu dipadati pembeli.

Di depan warung makan ini ada penjual es durian yang pas dinikmati di siang hari. Satu porsi nasi lengko di warung ini harganya hanya Rp. 13.000 saja, dan Rp. 10.000 untuk setengah porsi. Sedangkan lima tusuk sate kambing muda harganya Rp. 20.000. Warung makan yang terletak di Jalan Pagongan No.15B Pekiringan, Kota Cirebon ini buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 hingga 20.00 WIB.

Gimana? Mau berwisata e Cirebon sembari kulineran? Tentunya seru dong!

Jumat, 29 Januari 2021

Resep Nasi Uduk Enak Dan Simple

Siapa yang tidak tahu nasi uduk?

Rasanya, hampir semua orang Indonesia tahu dan mungin pernah makan nasi uduk. Nasi Uduk adalah hidangan nasi kukus ala Indonesia yang berasal dari Jakarta, ibu kota Indonesia. Nasi uduk ini memiliki aroma yang harum dan dimasak dengan santan dan berbagai jenis bumbu dan rempah-rempah lainnya. Rasa dari nasi uduk ini sangat mirip dengan Nasi Lemak di Malaysia, Brunei, atau Singapura.

“Nasi Uduk”, secara harfiah berarti “Nasi Campur”, karena sering disajikan dengan lauk yang berbagai macam seperti ayam goreng, telur dadar, sambal goreng, tahu goreng, tempe goreng, teri goreng, ketimun segar kemudian disajikan dengan bumbu kacang, sambal terasi dan kerupuk emping. Sangat mudah menemukan penjual nasi uduk di pinggir jalan kota Jakarta.

Orang biasanya memakan nasi uduk untuk sarapan. Namun, karena rasanya yang khas, kadang bukan hanya dimakan pas lagi sarapan, ditemani dengan pecel lele pun terasa nikmat. Tetapi untuk teman-teman yang ingin membuat nasi uduk sendiri dirumah, caranya juga sangat mudah loh, bahan yang digunakan untuk membuat nasi uduk juga bukan bahan yang sulit untuk di dapatkan. Untuk kalian yang ingin mengetahui resep dan cara membuatnya, cek dibawah ini ya!

Resep Nasi Uduk Untuk 4 Orang

Ada beberapa bahan yang bisa teman-teman siapan terlebih dahulu sebelum membuat nasi uduk, diantaranya sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 250 g beras, cuci bersih dan saring

- 300 ml santan

- ½ sendok teh garam

- 1 daun salam (Daun Salam / Daun Indian Bay)

- 1 lembar daun pandan (opsional)

- ½ sendok teh bubuk ketumbar

- Saus kacang

- 50 g kacang tanah goreng

- 1 buah cabai merah

- 3 cabai rawit / tergantung selera

- ½ sendok teh garam

- ½ sendok makan gula

- ½ sendok makan cuka atau bisa diganti dengan air asam jawa

- 75 ml air

- Bahan Tambahan

- Teri Goreng Medan (teri kering)

- Kacang goreng

- Bawang goreng

- Kerupuk emping belinjo goreng

- Omelet 


Cara membuat:

1. Cuci dan tiriskan beras

2. Masukan nasi pada panci.

3. tambahkan santan bersama daun salam, bubuk ketumbar dan garam. Lalu tuang ke dalam nasi hingga 1 ruas jari di atas nasi.

4. Masak dan aduk, dengan api kecil sampai semua santan terserap.

5. Kemudian kukus nasi hingga matang.

6. Buat bumbu kacang dengan cara menggiling semua bahan (kecuali air) hingga menjadi pasta, lalu tambahkan air dan masak beberapa saat hingga kuah mengental.

7. Buang daun sebelum disajikan. Sajikan dengan telur dadar ayam goreng, kacang tanah goreng, kering tempe, ayam goreng, tambahkan teri goreng dan bawang merah goreng di atas nasi. Hiasi dengan mentimun mentah dan kerupuk emping. Sajikan dengan bumbu kacang dan sambal terasi.


Jika teman-teman memiliki rice cooker, kalian dapat memasak nasi uduk dengan lebih mudah:

1. Cuci dan tiriskan beras

2. Masukkan beras dan semua bahan lainnya (santan, daun salam, bubuk ketumbar dan garam) ke dalam rice cooker. Tutupi dan biarkan matang. Aduk sedikit sambil memasak, lalu tutup dan lanjutkan memasak. Biasanya setelah 20 menit, nasi sudah siap.

Sejujurnya, membuatnya sendiri cukup ribet karena banyak lauk pauk yang harus disiapkan. Tetapi jika teman-teman ingin menyantap nasi uduk dengan keluarga, ini adalah makanan yang sangat worth it. Makanan khas Indonesia dengan citarasa yang unik layak untuk kita pertahanan keberadaannya.