Jumat, 29 Januari 2021

Resep Nasi Uduk Enak Dan Simple

Siapa yang tidak tahu nasi uduk?

Rasanya, hampir semua orang Indonesia tahu dan mungin pernah makan nasi uduk. Nasi Uduk adalah hidangan nasi kukus ala Indonesia yang berasal dari Jakarta, ibu kota Indonesia. Nasi uduk ini memiliki aroma yang harum dan dimasak dengan santan dan berbagai jenis bumbu dan rempah-rempah lainnya. Rasa dari nasi uduk ini sangat mirip dengan Nasi Lemak di Malaysia, Brunei, atau Singapura.

“Nasi Uduk”, secara harfiah berarti “Nasi Campur”, karena sering disajikan dengan lauk yang berbagai macam seperti ayam goreng, telur dadar, sambal goreng, tahu goreng, tempe goreng, teri goreng, ketimun segar kemudian disajikan dengan bumbu kacang, sambal terasi dan kerupuk emping. Sangat mudah menemukan penjual nasi uduk di pinggir jalan kota Jakarta.

Orang biasanya memakan nasi uduk untuk sarapan. Namun, karena rasanya yang khas, kadang bukan hanya dimakan pas lagi sarapan, ditemani dengan pecel lele pun terasa nikmat. Tetapi untuk teman-teman yang ingin membuat nasi uduk sendiri dirumah, caranya juga sangat mudah loh, bahan yang digunakan untuk membuat nasi uduk juga bukan bahan yang sulit untuk di dapatkan. Untuk kalian yang ingin mengetahui resep dan cara membuatnya, cek dibawah ini ya!

Resep Nasi Uduk Untuk 4 Orang

Ada beberapa bahan yang bisa teman-teman siapan terlebih dahulu sebelum membuat nasi uduk, diantaranya sebagai berikut:

Bahan-bahan:

- 250 g beras, cuci bersih dan saring

- 300 ml santan

- ½ sendok teh garam

- 1 daun salam (Daun Salam / Daun Indian Bay)

- 1 lembar daun pandan (opsional)

- ½ sendok teh bubuk ketumbar

- Saus kacang

- 50 g kacang tanah goreng

- 1 buah cabai merah

- 3 cabai rawit / tergantung selera

- ½ sendok teh garam

- ½ sendok makan gula

- ½ sendok makan cuka atau bisa diganti dengan air asam jawa

- 75 ml air

- Bahan Tambahan

- Teri Goreng Medan (teri kering)

- Kacang goreng

- Bawang goreng

- Kerupuk emping belinjo goreng

- Omelet 


Cara membuat:

1. Cuci dan tiriskan beras

2. Masukan nasi pada panci.

3. tambahkan santan bersama daun salam, bubuk ketumbar dan garam. Lalu tuang ke dalam nasi hingga 1 ruas jari di atas nasi.

4. Masak dan aduk, dengan api kecil sampai semua santan terserap.

5. Kemudian kukus nasi hingga matang.

6. Buat bumbu kacang dengan cara menggiling semua bahan (kecuali air) hingga menjadi pasta, lalu tambahkan air dan masak beberapa saat hingga kuah mengental.

7. Buang daun sebelum disajikan. Sajikan dengan telur dadar ayam goreng, kacang tanah goreng, kering tempe, ayam goreng, tambahkan teri goreng dan bawang merah goreng di atas nasi. Hiasi dengan mentimun mentah dan kerupuk emping. Sajikan dengan bumbu kacang dan sambal terasi.


Jika teman-teman memiliki rice cooker, kalian dapat memasak nasi uduk dengan lebih mudah:

1. Cuci dan tiriskan beras

2. Masukkan beras dan semua bahan lainnya (santan, daun salam, bubuk ketumbar dan garam) ke dalam rice cooker. Tutupi dan biarkan matang. Aduk sedikit sambil memasak, lalu tutup dan lanjutkan memasak. Biasanya setelah 20 menit, nasi sudah siap.

Sejujurnya, membuatnya sendiri cukup ribet karena banyak lauk pauk yang harus disiapkan. Tetapi jika teman-teman ingin menyantap nasi uduk dengan keluarga, ini adalah makanan yang sangat worth it. Makanan khas Indonesia dengan citarasa yang unik layak untuk kita pertahanan keberadaannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya!