Rabu, 21 April 2021

Rekomendasi Kegiatan Positif Saat Puasa

kegiatan-puasa-ramadhan

Bulan Ramadhan telah berjalan beberapa hari. Meskipun masih dalam keadaan pandemi, tapi vibesnya masih sama seperti beberapa tahun belakang. Bulan puasa akan selalu rame, apalagi menjelang berbuka. Jalanan dan pasar apalagi, pasti macet. Wkwkwk.

Salah satu yang bikin bulan ramadhan adalah bulan yang khas, yaitu waktu terasa begitu singkat. Kegiatan baik itu sekolah maupun bekerja pasti dipersingkat. Yang biasanya pulang kerja jam 6, sekarang dipersingkat satu jam lebih awal. Yang biasanya belajar disekolah pulang jam 1, sekarang bisa pulang lebih awal. Dengan aktifitas yang sedikit berkurang, bisa menjadi kesempatan kita untuk melakukan hal-hal atau kegiatan positif lainnya.

Ibadah

Bulan puasa adalah bulan suci dimana kita bisa lebih khusyuk dalam mengejar ibadah. Mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya adalah semcam kesempatan yang Allah berikan pada bulan ini. Maka dari itu, jangan sia-siakan kesempatan untuk melakukan ibadah. Yang tadinya males-malesan, mari kita biasakan kembali beribadah sebanyak mungkin. Ibadah bisa bermacam-macam, kamubisa mulai tadarusan dan mengkhatam Al-Quran, ikut kajian bersama, dan lain-lainnya.

Eksperimen Memasak

Bagi sebagian keluarga, bulan Ramadhan juga menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama. Kegiatan mempersiapkan hidangan buka puasa, terutama bagi perempuan bisa menjadi salah satu kesempatan untuk belajar masak. Tidak menutup kemungkinan, bahwa kita bisa bereksperimen sebebasnya dalam memasak dengan mencoba berbagai macam menu baru. Siapa tahu, sehabis lebaran mendadak jadi Chef handal , ya kan? Hihih.

Membuat Kerajinan/DIY

Siapapun pasti pernah membuat sesuatu, entah itu menggambar, menjahit, dan lain sebagainya. Membuat suatu kerajinan ataupun DIY merupakan salah satu kegiatan positif yang dapat mengisi hari-harimu loh.

Kamu bisa belajar tutorial yang banyak tersebar di Youtube dan mencobanya sendiri dirumah bukan. Syukur-syukur kalau hasil kerajinan kamu bisa dijual dan bernilai. Selain melakukan kegiatan positif dan menyenangkan, kamu juga bisa dapat penghasilan.

Menulis blog

Menulis blog bagi seorang blogger adalah suatu keharusan, tidak perlu menunggu bulan Ramadahan. Tetapi, kamu yang baru mau memulai menulis blog bisa melakukan kegiatan ini di bulan Ramadhan. Apalagi banyak sekali topik yang bisa kamu ceritakan di blogmu tentang Ramadhan.

Kegiatan tulis-menulis ini cukup membuatmu produktif serta dapat bermanfaat untuk membangun skill kamu. Jadi, tidak ada salahnya mencoba. Ya kan?

Ikut Relawan Ramadhan

Satu lagi kegiatan sosial yang bisa jadi rekomendasi untukmu nih. Menjadi relawan Ramadhan yang biasanya bertugas untuk mengumpulkan donasi serta berbagi makanan atau barang bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan.

Kegiatan positif ini bisa kamu lakukan sebagai pengusir rasa bosan saat berada dirumah terus. Kamu bisa lakukan kegiatan ini bersama temna-temanmu. Selain bernilai sosial, ini juga bernilai pahala untukmu.

Masih banyak banget kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bisa kamu coba. Kegiatan yang dilakukan dengan semangat, lama-ama akan membuatmu terbiasa. Sehingga tidak hanya menunggu bulan Ramadahan, tetapi di hari-hari selanjutnya kamu menjadi lebih terbiasa dan melanjutkan kebiasaan positifmu itu.

1 komentar:

Jangan lupa komentar ya!