Rabu, 24 November 2021

WAJAH BENGKULU DALAM PROGRAM KOTAKU

kota-bengkulu-kotaku
Bengkulu, kota kebanggaan tempat menimba ilmu dan mengadu nasib. Tumbuh dewasa di kota ini, ada sedikit banyak cerita dan kemajuan diri. Apalagi, aku sendiri disini kurang lebih hampir 6 tahunan. Wahh, tapi masih aja belum hapal sama beberapa daerah, heuheuhh.

Sebelum itu, aku mau ucapin Dirgahayu untuk kota tercinta, Bengkulu yang ke 53 di tahun ini. 53 usia yang terbilang masih muda untuk sebuah kota yang sudah punya banyak aset seperti perekonomian, pembangunan, kawasan wisata, dan lain sebagainya.

Jika bicara mengenai program, kota Bengkulu semakin maju dan punya banyak gebrakan untuk memajukan perekonomian serta sikap saling peduli sesama masyarakat. Salah satu program yang membuat saya tertarik yaitu pembangunan infrastruktur.

Gebrakan paling keren mengenai pembangunan infrastruktur diberi nama Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Program KOTAKU ini menurutku keren karena bukan hanya berfokus pada kawasan wisata saja, tetapi hampir akan menyeluruh di setiap kelurahan.

Berbicara mengenai Kota Tanpa Kumuh, yang namanya kebersihan dimanapun pasti sangat dibutuhkan. Apalagi jika tempat tersebut merupakan fasilitas umum. Ketika kebersihan dan fasilitas semakin bagus, disitulah cermin kota yang sesungguhnya.

Tahun 2020-2021 ini, pembangunan infrastruktur di berbagai titik telah berhasil merubah wajah pembangunan. Sesuai dengan visi dan misi program KOTAKU yaitu Membangun Infrastruktur, Merubah Wajah Kawasan & Merubah Perilaku Masyarakat.

Membangun Infrastruktur

Fasilitas umum yang selalu digunakan oleh masyarakat apalagi untuk perekonomian maupun aktivitas sehari-hari harus diberikan yang terbaik supaya masyarakat dapat melaksanakan kegiatannya dengan lancar tanpa keluhan. 

kota-tuo-bengkulu
Pembangunan Infrastruktur ini disesuaikan dengan kebutuhan prioritas masyarakat mulai dari jalan lingkungan, Saluran Drainese Lingkungan, pengelolaan sampah, penyediaan sarana dan prasarana air bersih, pengelolaan limbah berupa Instalasi Pengolahan Air Limbah dan sarana mandi, cuci, serta kakus (MCK), hingga Ruang Terbuka Publik (RTP).

Merubah Wajah Kawasan

Ada beberapa titik Infrastruktur yang berhasil diperbaiki di tahun 2020-2021 ini, diantaranya yaitu di Kelurahan Sawah Lebar, Kelurahan Lempuing, Kelurahan Penurunan, Kelurahan Sumber Jaya, Kelurahan Pasar Bengkulu, dan lainnya.

Titik kawasan yang dulunya kumuh, becek, serta tidak terurus, akhirnya berhasil dirubah menjadi kawasan yang bersih dan enak dipandang. Dengan adanya perbaikan tersebut, wajah Kota akan semakin terlihat. 

sawah-lebar-bengkulu

Merubah Perilaku Masyarakat

Dengan fasilitas yang telah diperbaiki, secara tidak langsung juga dapat memperbaiki perilaku dari masyarakat. Seperti misalnya jika selama ini tidak adanya bak sampah di satu titik, setelah disediakan dan dibangun layak, masyarakat akan malu dengan sendirinya jika masih tidak menjaga kebersihan. Perilaku-perilaku lainnya juga akan turut berubah menjadi semakin baik jika tempat dan fasilitas semakin nyaman. 

program-kotaku-bengkulu

Mengenal Program UPK

Selain pembangunan infrastruktur, program lainnya yang cukup membantu masyarakat Kota Bengkulu yaitu Program Dana Bergulir dari UPK. UPK merupakan Unit Pengelola Keuangan yang mana masyarakat dapat memanfaatkan dana dari UPK yang ada di Desa.

Dana ini dapat dimanfaatkan bagi masyarakat untuk penambahan modal usaha bagi kelompok warga. Dalam mengakses dana UPK ini, masyarakat dapat meminjam dengan bunga yang rendah tanpa anggunan dengan syarat yang ringan. Dengan adanya dana ini, benar-benar membantu mempermudah masyarakat dalam menjalanan usaha dan perekonomian.

Salah satu yang aku soroti disini, yaitu UPK BKM Anggrek, Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu. Diketuai oleh Ibu Siti Khadijah dari tahun 2012 sampai sekarang, dimana kantor sekretariatnya buka setiap hari untuk membantu masyarakat khususnya Kelurahan Sawah Lebar. 

upk-bengkulu
Sukses dalam UPK memang tidak mudah. Salah satu kegiatan yang dilakukan di Kelurahan Sawah Lebar ini yaitu mengadakan pertemuan rutin dalam bentuk arisan di setiap bulannya, kunjungan dari IDB kepada penerima dana, serta audit rutin setiap tahunnya. Dengan adanya transparansi dana serta musyawarah bersama masyarakat setempat, program ini juga membantu membuat masyarakat lebih solid dan lebih peduli dengan sesama.

Harapannya, Kota Bengkulu hari ini dan seterusnya semoga akan selalu melakukan perbaikan dan kemajuan. Semoga lebih merangkul masyarakat agar disiplin dan peduli satu sama lain. Kita doakan yah, beberapa tahun kedepan Bengkulu menjadi kota besar yang maju dengan perkembangan teknologi, infrastruktur, dan lainnya.

1 komentar:

  1. Semoga kota Bengkulu lebih baik lagi, tulisan dan informasinya sangat membantu

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya!