Sabtu, 03 Juni 2017

ANTARA PUASA DAN BAU MULUT



Senang sekali rasanya apabila di bulan Ramadhan ini kita menunaikan kewajiban dengan berpuasa full. Bagi laki-laki nih tidak menjadi masalah dan tidak perlu ada yang dikhawatirkan dong ya. Tetapi bagi perempuan terkadang jarang yang bisa puasa dengan full satu bulan selama bulan Ramadhan ini.

Seperti saya yang sedang berduka, karena belum bisa menyambut awal Ramadhan dengan puasa dikarenakan ada hal yang rutin sekali bertamu setiap bulannya. Karena si tamu ini, saya jadi kurang produktif berkarya. 

Banyak rencana-rencana yang sudah terancang, menjadi berantakan begitu saja. Meskipun di lain sisi masih bisa dilakukan. Hanya saja kurang maksimal untuk melakukan planning tersebut yang sudah lama di rencanakan jauh sebelum Ramadhan tiba.

Namun meskipun begitu, setidaknya rencana tersebut tidak habis dan luput begitu saja. Saya masih akan tetap berjuang dengan kepingan hati yang berserak. Asssekkk

Buat teman-teman yang sudah hampir seminggu ini berpuasa, selamat yah. Selamat karena bisa menyambut Ramadhan dengan gembira dan sempurna. Karena diawali dengan berpuasa, sehingga mungkin saat teman-teman punya goals di Ramadhan ini, bisa terlaksana dengan sempurna. Misalnya dari nulis satu naskah buku, wisata kuliner, sampai ke yang paling mantap dan luar biasa yaitu khatam Qur’an. SubhanAllah!

Nah teman-teman, saya mau tanya siap disini yang puasa terus dari awal?
Apa kabarnya nih?
Sudah adakah perubahan atau belum dari jasmani maupun rohani kita nih?
Semoga yah semakin baik tentunya jasmani dan rohaninya.

Nah berpuasa sudah hampir satu minggu ini, biasanya yang paling umum mengalami perubahan adalah pada mulut kita. Iya kan?

Kondisi mulut yang setengah hari tidak mengkonsumsi apa-apa membuatnya sering menghasilkan bau yang kurang sedap nih teman-teman. Selain bau mulut yang tidak sedap disebabkan oleh tidak adanya sesuatu yang dikonsumsi, bau mulut bisa saja disebabkan oleh adanya masalah kesehatan pada gigi, gusi, maupun mulut itu sendiri.
Sumber: Google Image
Penyebab bau mulut tentunya bermacam-macam. Nah supaya berpuasa kita menjadi tentram tanpa malu untuk berbicara karena bau mulut, kita juga harus mencegah atau mengatasinya dengan melakukan hal-hal berikut nih teman-teman.

Masalah kesehatan gigi dan gusi
Sumber: Google Image
Bau mulut juga bisa muncul karena bakteri yang ada di rongga mulut karena gangguan produksi air liur. Cara mengatasinya adalah dengan menyikat gigi sehari dua kali, membersihkan bagian lidah, serta yang terpenting adalah minum air putih sebanyak mungkin. Karena selain membantu mengisi cairan tubuh, air juga bisa menghilangkan bau mulut. 

Hindari makanan yang berbau menyengat

Perhatikan pola makan kita. Hindari makanan yang baunya menyengat, seperti bawang bombai, pete, jengkol dan sejenisnya. Bau mulut bisa disebabkan oleh sisa makanan yang ada didalam perut menguap. Jadi ketika kita mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, uap yang dihasilkan dan keluar didalam mulut akan berbau sama dengan apa yang kita makan tadi.

Tidak merokok dan mengonsumsi kopi secara berlebihan

Kafein tinggi yang terdapat pada kopi ternyata bisa membuat bau yang tidak sedap didalam mulut kita nih teman-teman. Jadi mulai sekarang, kurangi meminum kopi yang mengandung banyak kafein tinggi.

Perhatikan pola makan

Apa yang kita makan sudah sepatutnya selalu kita perhatikan. 

Cukup pola makan aja dulu yang diperhatikan, dianya nanti aja. 

Makanlah makanan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan yang banyak memiliki kandungan air. Kandungan air didalam buah tentunya bisa membantu membersihkan mulut.

Nah itulah tadi penyebab serta bagaimana cara mengatasi bau tidak sedap yang ada pada mulut kita. Tentunya bau mulut yang tidak sedap jangan dijadikan alibi karena berpuasa nih teman-teman. Kita harus bisa menjaga kesehatan mulut kita dengan baik, supaya orang disekitar kita merasa nyaman berada disamping kita.

Tetap semangat berpuasanya yah teman-teman. Jangan lupa Ramadhan Berkah dengan Berkarya!
Bengkulu, 2 Juni 2017. 10:51 pm

Penulis bisa ditemukan di:
Facebook               : Blog Sang Pemimpi
Twitter                   : @alfha_sari4
Line & Instagram : alfhasari
E-mail                    : alfhasari@gmail.com

2 komentar:

  1. iya gak dipungkiri ya bau mulut, makanya kl ngomong dg orang jangan terlalu dekat ya

    BalasHapus
  2. Iya kak. Banyak2 in minum air putih aja untuk menambah cairan yg ada didalam tubuh kita. 😆

    BalasHapus