Rabu, 12 Desember 2018

6 Hal Yang Mau Tidak Mau Harus Dilakukan Ketika Umur 20an

hal-yang-dilakukan-umur-20

Apa kabar anak-anak 90-an?

Generasi terakhir millenials ni katanya. Anak-anak terakhir yang ngerasain enaknya main petak umpet, bepe-bepean, masak-masakan, kelereng, dll. Setelah itu muncul lagi yang namanya generasi Z dibawah kita, yaitu anak-anak zaman sekarang yang sudah terpapar dengan berbagai macam teknologi.

Umur kita saat ini pastinya sudah mencapai angka 20 keatas.

Ngerasain gak kalo kita udah tua? Hahah.

Percaya gak percaya yah itulah adanya. Rasanya baru kemarin main lompat karet sama temen-temen di sekolah, eh baru nyadar kalo sekarang udah harus melangkah ke kehidupan yang sebenarnya.

Dengan usia yang sudah cukup dewasa ini, ngerasa gak sih lama-lama kita jadi semakin banyak tuntutan. Tuntutan ini bukan paksaan dari siapapun, melainkan memang mau tidak mau harus kita lakukan di umur segini.

Sebelum buat tulisan ini, Aku sempat tersadar kalo apa yang aku lakukan akhir-akhir ini menuntunku mempersiapkan masa depan.

6 hal ini mungkin juga sudah menjadi kegiatan teman-teman di umur 20-an. Atau mungkin buat yang belum ngelakuin? Tenang, lambat-laun teman-teman juga akan ngelakuin hal yang sama sepertiku.

Mengatur masa depan

mengatur-masa-depan

Tak dapat dipungkiri, umur 20-an sudah tak ada lagi waktunya main-main. Sudah tak lagi waktunya memikirkan hal-hal yang tidak berguna.

Secara sadar ataupun tidak, kita sudah memikirkan akan kemana kita sesudah ini. Apalagi jika kita baru saja menyelesaikan pendidikan. Sudah pasti pikiran untuk masa depan mulai terbentuk.

Kebiasaaan yang sering Aku lakukan yaitu merencanakan masa depan sebelum tidur, hahah. Manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan nantinya. Namun yang namanya hidup yang penting kita sudah memiliki tujuan yang jelas, mau kemana kita nanti.

Baca juga: Pesatnya Periklanan Indonesia di Masa Depan

Menabung

menabung


Kalo semester awal-awal belum ada pikiran mau nabung. Yang dilakukan bisanya cuman jajan, ngabisin duit, boros, dll.

Tapi semakin tua semakin sadar dan timbul pertanyaan kalo mau boros,

"Dapet duit ini gimana ya?"

Apalagi uang yang sering kita belanjakan adalah uang orang tua. Kita tidak pernah berpikir darimana mereka mendapatkan uang tersebut? Seberapa keras usaha mereka untuk mendapatkannya?

Kita akan semakin berpikir dewasa untuk "sayang" dengan uang (dalam artian boros). Berhenti membelanjakan suatu hal yang belum penting. Berhenti menghabiskan uang orang tua untuk bergaya agar dilihat bagus oleh orang lain.

Mulai menabung meskipun kita masih menjadi beban orang tua. Beli keperluan yang memang dibutuhkan dan berhenti menghamburkan uang tanpa tau manfaatnya ya.

Belajar finansial

belajar-keuangan

Akhir-akhir ini aku tertarik dengan beberapa postingan tentang investasi di explore Instagram.

Buat teman-teman yang mungkin sudah memiliki pemasukan sendiri meskipun gak banyak, belajarlah mengatur keuangan sendiri.

Hendak di kemanakan uang yang kita dapat?

Kalo udah punya pemasukan sendiri sih, Aku yakin teman-teman gak akan boros karena udah tau apa rasanya cari uang. Dan yang dilakukan adalah menyimpan pemasukan tersebut untuk berjaga-jaga.

Aku sendiri masih di biayai orang tua, tapi ada juga pemasukan untuk membantu ngisi tabungan. Yah meskipun cuman cukup untuk jajan doang, setidaknya pemasukan tersebut di atur agar gak habis aja.

Fyi, beberapa bulan ini aku udah gak lagi minta jajan sama ortu, kecuali minta untuk bayaran kuliahku yang belum selesai. Masalah jajan (beli baju, sepatu, tas, dll) aku udah pake uang sendiri. Tapi meskipun uang hasil sendiri tentu gak boleh foya-foya loh, masukin tabungan biar uangnya aman dan bisa digunakan buat keperluan lain.

Aku juga lagi belajar tentang investasi. Satu hal yang menurutku dulu adalah bahasan yang berat sekali. Namun mau gak mau kita perlu belajar, siapa tau nanti kalo udah punya gaji beneran kan bisa investasi.

Belajar keuangan itu penting karena segala kehidupan ini selalu bersinggungan dengan uang. Jangan sampai kita tidak tahu arusnya dan malah terhanyut akan uang. Jadi harus bijak ya mengatur keuangan.

Mengerti perbedaan

mengerti-perbedaan

Semakin dewasa kita, semakin kita mengerti akan perbedaan. Yang dulunya kita egois, maunya menang sendiri, maunya didengerin sendiri, tapi dibalik itu kita harus mengenal orang lain.

Aku suka males sama temen yang masih suka nyalahin orang lain. Dalam segala hal kadang dia suka komen karena gak sama kayak apa yang dia lakukan. Padahal udah dewasa, tapi belum bisa ngerti perbedaan.

Dunia ini bukan hanya tentang diri kita. Di luar itu kita punya orang-orang yang tidak sama dengan kita. Orang-orang yang punya cara hiduo berbeda, mulai dari cara makan, masak, tidur, menyelesaikan masalah, atau bahkan cara membeli barang. Semua orang punya perbedaan yang harus kita maklumi dan terima.

Dengan punya teman seperti itu, Aku juga sadar mau tak mau harus mengerti juga perbedaan yang ada padanya, yaitu tidak bisa menghargai perbedaan. Aduh pusing bacanya, hahah.

Baca juga: Setiap Orang Punya Standar Berbeda

Belajar ilmu pernikahan

belajar-ilmu-pernikahan

Gatau yah, apa cuman Aku yang sekarang udah mulai kepo sama pernikahan, hahah. Belajar ilmu pernikahan itu luas ya, jadi jangan mikirnya ke yang aneh-aneh dulu.

Banyak hal yang harus kita pelajari sebelum melangkah ke pernikahan. Nikah itu gak cuman saat kamu udah cinta mati aja sama seseorang, tapi banyak hal yang harus di pikirkan masak-masak.

Nikah itu ibadah dan perlu dilihat dari empat kriteria yaitu, karena agamanya, kecantikannya, keturunannya, dan hartanya.

Agamanya seperti apa, seiman apa gak. Kan ribet juga kalo udah terlanjur cinta sama beda agama ye kan. Terus dilihat dari kecantikannya, maksudnya baik apa gak nih dijadiin calon. Kalo marah dianya gimana main fisik apa gak, suka boong gak, perhatian gak, harus dipikirin baik-baik itu.

Dilihat juga keturunannya gimana, yang baik-baik kah atau gimana. Harus cek juga kesehatan calon kita nih sebelum nikah, kita juga tentunya, biar udah nikah gak terjadi hal-hal yang gak diinginkan.

Eh btw fasih banget Aku yah, hahah. Gak kok ini pengetahuan umum aja, Aku belum punya calon, hihihhh.

Belajar masak

belajar-masak


Se males-malesnya cewek masak, akan ada masa dimana dia akan "mau" masak dengan sendirinya.

Aku juga selama ini malas banget masak. Tapi semakin tua semakin sadar kalo masak itu perlu dan pastinya asyik.

Buat kamu yang udah suka masak dari remaja yah syukur. Kalo Aku sih baru akhir-akhir ini suka masak.

Aku masak bukan berarti aku belajar buat nikah yah. Tapi emang mungkin udah waktunya buat suka masak, karena gak kenyang makan masakan warung. Kalo masak sendiri lebih puas meskipun rasanya belum se-expert ibu-ibu.

Baca juga: Inilah Diet Keto yang Bisa dicoba

Itu tadi 6 hal yang sudah dan masih Aku lakukan sampai sekarang. Kalo teman-teman apalagi nih yang secara gak sadar udah teman-teman siapkan untuk masa depan?
Share pengalamanmu ya di kolom komentar!

Kamis, 06 Desember 2018

Wujudkan 4 Program KBA di Lempuing Bengkulu

lempuing-bengkulu
Salah satu program terbaik dari PT Astra International Tbk dalam kegiatan sosialnya yaitu Kampung Berseri Astra. Program tersebut merupakan program Sosial Berkelanjutan Astra yang di implementasikan untuk masyarakat berdasarkan konsep empat pilar, yaitu Kesehatan, Pendidikan Lingkungan, serta Kewirausahaan.

Program yang sangat menarik untuk bekerjasama dengan masyarakat dalam hal mewujudkan Indonesia ke depannya. Astra melaksanakan program tersebut bersama dengan 77 daerah di seluruh Indonesia yang dinamakan binaan Kampung Berseri Astra (KBA).

Salah satu daerah yang memiliki KBA di daerah saya yaitu Lempuing, Bengkulu. Sejak tahun 2017, program ini sudah berjalan dengan mengutamakan ke empat pilar tadi.

Lingkungan Bersih

Masyarakat yang sehat dimulai dengan lingkungan yang dijaga dengan bersih. Program kebersihan peduli dengan lingkungan menjadikan masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan.

Bergotong royong dalam membersihkan setiap sudut lingkungan. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk merawat daerahnya sendiri dalam hal kebersihan. Karena kebersihan hal yang harus diutamakan dalam segala hal.

Kesehatan diutamakan

Meskipun terdaftar sejak satu tahun yang lalu, program KBA di Lempuing, Bengkulu masih tetap berjalan hingga sekarang. Program kesehatan yang baru saja dilakukan yaitu bakti sosial dan senam bersama masyarakat setempat. Selain itu diadakan juga donor darah serta cek kesehatan gratis yang bekerjasama dengan PMII.

Picture by: pedomanbengkulu.com

Melalui kerjasama dari berbagai pihak, program demi program terlaksana dengan baik demi menumbuhkan semangat masyarakat untuk selalu hidup sehat. Dengan masyarakat yang terlibat untuk hidup sehat diharapkan mampu untuk membiasakan diri baik dengan adanya program maupun tanpa ada program tersebut.

Kecerdasan Penerus Bangsa 


Dengan memperhatikan masa depan penerus bangsa, kecerdasan anak-anak juga harus di utamakan. Hal ini telah menjadi sorot utama Astra dalam menciptakan penerus bangsa yang unggul dalam kecerdasannya.

Fasilitas seperti pemasangan wifi untuk masyarakatnya mencari segala informasi, serta perpustakaan umum yang sangat berguna bagi masyarakat serta anak-anak dalam mendapatkan ilmu pengetahuan baru.

Produktif Berwirausaha

Melalui program kewirausahaan, tujuan utamanya yaitu produktif berwirausaha. Untuk terlaksananya program kewirausahaan, Astra memberikan pelatihan pemasaran online serta manajemen keuangan yang berkelanjutan dan terencana dengan baik.

Tidak hanya unggul dalam kecerdasan saja, masyarakat hendaknya bisa memanfaatkan sumber daya yang ada menjadi sebuah penghasilan untuk masayrakat itu sendiri. Sehingga nantinya masyarakat lebih produktif dalam mengelola perekonomian ke depannya.

Picture by: pedomanbengkulu.com

Tidak hanya pelatihan saja, masyarakat diberikan kesempatan membangun atau mendirikan usaha melalui UKM. Astra juga memberikan bantuan dana untuk masyarakat yang ingin memulai mendirikan UKM, dengan produktif dalam berwirausaha akan menjadikan upaya untuk memperkuat daya ekonomi masyarakat terutama di Lempuing, Bengkulu.

Program yang sangat positif melalui KBA ini sangat membantu pemerintah untuk ikut mengedepankan nasib masyarakat supaya menjadi lebih baik. Karena untuk menjadikan negara ini lebih baik memang harus dimulai dari daerah terlebih dahulu.

Pesatnya Periklanan Indonesia di Masa Depan

periklanan-masa-depan

Pada saat ini media periklanan sudah sangat maju, bahkan untuk memikirkan media yang akan digunakan di massa depan pun pasti akan lebih maju lagi. Di luar negara mungkin sudah mulai merencanakan atau sudah menerapkan bentuk periklanan yang baru dan akan menarik perhatian dari para masyarakat.

Di Indonesia hal itu mungkin masih dalam fase perancangan, dimana para pengiklan masih bingung untuk menerapkan apa dan bagaimana bentuk iklan yang akan ditayangkan nantinya. Banyak batasan-batasan yang harus dipatuhi oleh para pengiklan sehingga tidak merugikan masyarakat lain.

Dimasa yang akan datang dipastikan media digital akan terus berlanjut dan berkembang lebih kreatif lagi dan akan membuat sesuatu hal yang baru dalam mengiklankan produk di media digital baik itu media social maupun media TV dan Radio. Media iklan digital seperti TV dan Radio yang awalnya hanya digunakan untuk mengiklankan sebuah produk di wilayah lokal, akan dapat mengiklankan produknya secara keseluruhan ke pasar Internasional di masa depan.

Hal tersebut adalah salah satu perubahan besar dalam bidang periklanan maupun dalam bidang pemasaran. Untuk media sosial, mungkin akan muncul suatu media sosial baru yang berguna untuk mengiklankan produk dengan variasi content yang lebih menarik lagi dan lebih mudah dalam melakukan proses periklanan.

Baca ini: Fungsi Iklan

Selain itu, seseorang yang pandai dalam membuat suatu kesempatan didalam suatu ruang sempit akan membuat pengiklanan di Indonesia menjadi lebih menarik lagi seperti contoh pengiklan yang akan menggunakan media luar ruang. Media luar ruang saat ini di Indonesia bisa dikatakan kurang menarik atau tidak sekreatif menggunakan media digital. Banyak batasan-batasan yang dibuat di Indonesia sehingga masyarakat Indonesia tidak bisa mengeluarkan ide-ide baru diluar ruang seperti yang dilakukan di luar negeri.

Di masa yang akan datang, diharapkan pemerintahan Indonesia dapat membuat aturan baru dalam melakukan periklanan diluar ruang. Dimaksudkan bukan untuk merusak fasilitas yang ada tetapi memperbaiki fasilitas yang rusak sehingga menjadi tempat yang dapat dipergunakan untuk arena rekreasi dari masyarakat.

Seperti halnya gedung-gedung tingkat tinggi yang masih dipergunakan atau sudah tidak dipergunakan dapat dimanfaatkan menjadi media iklan luar ruang dengan menambahkan ataupun memperbaiki tampilan dari gedung tersebut sehingga tidak terlihat membosankan. Dibuat sekreatif mungkin sehingga para masyarakat merasa senang apabila melihat atau melintasi media iklan luar ruang tersebut. Selain itu banyak lagi media iklan luar ruang yang dapat dimanfaatkan untuk mengeluarkan kreatifitas dari para pengiklan sehingga media luar ruang tersebut tidak menjadi suatu bentuk yang membosankan lagi tetapi menjadi bentuk yang sangat menyenangkan bagi orang lain.

Baca ini: Kenapa Menulis Blog?

Grojogan Lepo, Refreshing Air Terjun di Jogja


grojogan-lepo
Hy teman-teman, gimana suasana hati kalian minggu ini?

Sedang jatuh cinta atau sedang panas-panasnya seperti cuaca di Jogja belakangan ini?

Kalau lagi panas-panasnya, tidak ada salahnya teman-teman mencoba untuk pergi refreshing ke salah satu objek wisata yang ada di kawasan Dlingo, Kabupaten Bantul. Setelah sampai disini, dijamin kalian akan merasa fresh segar kembali.

Sebenarnya wisata apa sih yang akan kita bahas kali ini?
Langsung saja yuk kita simak penjelasan singkatnya pada artikel berikut ini.

Wisata Jogja yang bakal ngademin pikiran, jiwa dan raga kalian kali ini adalah air terjun Grojogan Lepo. Wisata Jogja ter-fresh ini berada di Desa Pokoh I, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau kata para traveller yang sering berkunjung kesini, air terjun ini mirip seperti air terjun yang terkenal di Thailand yaitu Erawan Falls.


Untuk memudahkan dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan pengunjung yang datang kesini, pihak pengelola sudah mengatur beberapa unsur di Grojogan Lepo ini. Salah satu hal yang benar-benar diperhatikan oleh pengelola adalah letak dari bebatuan yang disusun rapi agar teman-teman semakin nyaman dan tidak kesulitan menikmati kesegaran air terjun ini dari segala sisi.

Pada tingkatan pertama, Grojogan Lepo ini memiliki sudut ketinggian yang sedang dengan sebuah kolam yang dalamnya sekitar 50 cm. Di kolam tersebut kalian bisa duduk santai sembari menyeburkan kaki untuk merasakan dan menikmati kesegaran air yang mengalir dari lintasan air terjun kecil. Nah, air terjun kecil ini juga disebut oleh warga lokal sebagai curug.

Selain karena tidak terlalu deras dan kolamnya yang dangkal, maka tempat ini sangat cocok bagi kita yang membawa anak-anak atau sepupu yang masih imut-imut untuk berendam atau sekedar bermain air. Kolam ini juga sangat cocok untuk menikmati suasana romantis bersama pasangan lho (bagi yang punya ya, hihi). Ditambah dengan air yang jernih ketika musim kemarau, dan nuansa bebatuan kapur yang indah membuat tempat ini semakin cantik nan eksotis.

Lalu pada tingkatan kedua, Grojogan Lepo ini memiliki sudut yang sedikit lebih curam dan bebatuan yang agak licin. Untuk sampai di titik ini, kita harus melalui jalanan batu yang cukup curam di sisi air terjun pertama tadi. Nah, untuk level kedalaman kolam disini masih tergolong cukup dangkal, yaitu seukuran lutut orang dewasa.



Beberapa bebatuan yang ada di kolam ini ada yang masih tersusun secara alami, namun juga ada yang sengaja dirapikan oleh pengelola. Agar kita bisa duduk santai sembari mengambil foto selfie yang tentu instagramable. Karena kolamnya yang masih tergolong dangkal, maka tidak ada salahnya kalau tempat disini juga kita manfaatkan untuk bersenda gurau bersama keluarga atau pasangan.

Selanjutnya pada tingkatan paling bawah adalah high level pada Grojogan Lepo ini. Tempat ini memang dan hanya dikhususkan untuk traveller yang sudah dewasa. Ya memang kalau dilihat, ketinggian dari air terjunnya tidak terlalu tinggi, tetapi pada level ini kolamnya memiliki kedalaman yang cukup untuk menenggelamkan orang dewasa lho. Kolam atau curug pada level ini memiliki kedalaman sekitar 2 meter. Maka dari itu, kolam disini lebih cocok bagi traveller/pengunjung yang memang pandai berenang, selain karena kedalamannya pas, juga karena disini lebih luas daripada level sebelumnya.

Kalau teman-teman berniat untuk berkunjung ke Grojogan Lepo ini, mungkin akan kesulitan jika hanya mencari petunjuk arah dari beberapa plang seperti beberapa destinasi wisata lainnya. Namun kita tidak perlu khawatir, agar lebih mudah menuju kesini, kita bisa mencari lokasi Pasar Dlingo. Setelah sampai di Pasar Dlingo, kita bisa bertanya kepada warga lokal untuk mengetahui arah ke Desa Pokoh, karena sebenarnya desa tersebut letaknya tidak jauh dari Pasar Dlingo.

Tapi bagi teman-teman yang masih kebingungan untuk menemukan tempat ini, kita bisa menggunakan jasa di sini Omocars Jogja. Pada omocars.com kita bisa menemukan jasa sewa mobil harian di Jogja dengan harga yang tentunya tidak akan membuat budget membengkak. Teman-teman bisa menyetir mobil sendiri atau juga menggunakan jasa driver tambahan agar memudahkan perjalanan wisata kita di Jogja.

Rabu, 05 Desember 2018

Beberapa Tutorial Mudah Dan Praktis Hijab Segiempat

hijab-segiempat-praktis

Sekarang ini tren hijab segiempat kembali muncul ke dunia fashion Indonesia. Setelah beberapa saat yang lalu ketenaran hijab segiempat ini tertutupi oleh hijab pashmina dengan berbagai kreasinya. Tetapi hijab segiempat ini kembali banyak digemari karena bentuknya yang sederhana, lebih mudah untuk digunakan, dan harganya yang sangat terjangkau. Kesemua kelebihannya adalah daya tarik tersendiri dari hijab segiempat itu.

Tidak hanya bentuknya saja yang sederhana tetapi hijab segiempat ini juga bisa dikreasikan seperti kreasi pashmina. Didalam menunjang penampilan sehari hari didalam berbagai aktivitas maka kamu akan membutuhkan tutorial hijab simple segiempat yang mudah dan praktis.

Berikut beberapa tutorial mudah dan praktis hijab segiempat diantaranya yaitu :

1. Hijab Segiempat Sederhana

Pertama tama hijab segiempat dilipat hingga membentuk segitiga. Lalu aplikasikan hijab pada kepala dan kedua sisi dikaitkan dengan menyematkan peniti pada bagian bawah dagu. Kemudian kedua sisi hijab yang runcingnya diambil dan disampirkan ke bagian yang saling berlawanan. Bagian sisi runcing yang sebelah kirinya disampirkan pada bagian bahu sebelah kanannya atau sebaliknya. Kemudian kedua ujung hijab yang runcing itu diikatkan pada leher bagian belakang, supaya lebih kuat dan akan terkesan langsing nantinya. Atau juga supaya hijab bagian belakangnya terlihat lebih rapi maka kamu bisa mengikatkan ujung hijab kebagian dalam hijab.

2. Hijab Segiempat Syar’i Sederhana

Pertama tama inner atau ciput digunakan terlebih dahulu, tujuannya adalah untuk pengerat dan supaya rambut rapi dan tidak terlihat. Kemudian hijab dilipat hingga bentuknya itu menjadi segitiga. Jika hijab yang digunakan ukurannya kecil maka cukup dengan hanya melipat sebagian saja dan ujung yang satu dengan yang lainnya tidak bertemu. Hal ini dilakukan supaya pada saat hijab digunakan maka akan terlihat tetap panjang. Dan jika hijab yang digunakan terlalu menerawang maka hijab bisa didobel dengan menggunakan hijab yang berbahan Saudia atau paris sehingga akan lebih mudah diatur. Kemudian hijab dibentuk pada bagian wajah dan sematkan dengan peniti pada bagian bawah dagunya. Lalu sisi hijab kanannya ditarik kesebelah bagu kiri dan sematkan jarum pentul. Supaya tampilan hijab semakin manis tambahkan bros.

3. Hijab Segi Empat Syar’i Elegan

Untuk mengaplikasikan model hijab ini sebaiknya pilih hijab bermotif yang besar ukurannya sehingga akan dapat menutup dengan sempurna meski nantinya akan dikreasikan dengan sedemikian rupa. Pertama tama inner atau ciput digunakan terlebih dahulu supaya rambut tertutupi dan akan lebih rapi pemakaian hijabnya. Setelah itu hijab diposisikan dengan bagian kanannya yang lebih panjang dibandingkan sisi kirinya. Bagian hijab yang sebelah kanan tadi ditarik kearah bahu sebelah kiri hingga disampirkan pada atas kepala dan pada samping telinga kanan disematkan jarum pentul. Supaya penampilan hijab semakin menarik maka bisa dengan menggunakan bros.

Itulah beberapa tutorial mudah dan praktis hijab segiempat. Ketiga tutorial diatas bisa kamu terapkan didalam menunjang penampilan sehari hari baik untuk acara yang formal atau yang tidak formal. Memang kreasi menggunakan hijab segiempat ini sangat sederhana tetapi akan mampu merubah kesederhanaan hijab segiempat yang kamu miliki untuk menjadi model hijab yang elegan. Sekarang sudah tahu kan tutorial mudah dan praktis hijab segiempat yang akan membuat kamu tampil cantik dan keren didalam kehidupan sehari hari. Dan pastinya ketiga model hijab diatas mudah didalam mengaplikasikannya.

Kenapa Menulis Blog?

kenapa-menulis-blog

Setiap orang pasti memiliki kesukaan atau hobi tersendiri yang selalu dikerjakan. Begitupun Aku yang senang dengan menulis.

Meskipun senang dan mungkin bisa dibilang hobi, bukan berarti Aku rajin menulis. Tetap saja yang namanya nulis harus dilakukan saat senang saja. Kalo lagi males, yaa gak suka nulis.

Banyak orang bilang kalo menulis itu mudah. Padahal kenyataannya tidak juga. Jika sudah menjadi suatu pekerjaan, menulis memerlukan effort yang cukup banyak dan tidak serta merta bisa jadi tulisan.

Dulu pas semester awal kuliah mimpiku adalah menjadi seorang penulis buku. Menulis berlembar-lembar naskah dan menciptakan sebuah cerita hingga akhirnya jadi sebuah buku.

Akhirnya jadilah satu buah karyaku yaitu novel pertama yang berjudul "Assalamu'alaikum Aktifis". Ceritanya yang terinspirasi dari seorang teman hingga akhirnya kuabadikan didalam buku ini.

Sebuah prestasi untuk bisa hadir dalam acara bedah buku di kampus pada saat ramadhan. Karyaku di bedah oleh seorang ustadz dan disimak oleh banyak mahasiswa. Pencapaian pertama dan tertinggi yang pernah aku dapat.

Dengan pencapaian tersebut Aku mulai semangat lagi untuk melanjutkan menulis naskah kedua.

Banyaknya kegiatan dan rasa malas juga akhirnya naskah kedua tak kunjung selesai. Hingga akhirnya ganti topik baru menulis naskah ketiga dan tidak juga terselesaikan, heuheuhh.

Dan sampai sekarang Aku sudah tidak meneruskan apa yang sudah aku mulai kemarin. Karyaku baru satu. Aku tidak lagi semangat menulis naskah uang menurutku membutuhkan waktu yang banyak.

Aku memutuskan untuk menulis blog. Karena menulis dalam satu waktu pun akan selesai. Berbeda sekali jika menulis naskah yang butuh waktu berminggu-minggu.

Menulis blog juga tidak rutin seperti blogger lainnya. Aku menulis jika aku mau dan moodku sedang baik.

Menurutku menulis di blog lebih efektif untukku yang moody/labil. Rasa malas kadang membuat blogku terlantar begitu saja. Tapi kalau lagi semangat menulis, satu minggu bisa rajin sekali memposting tulisan.