Kamis, 03 Januari 2019

Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Agar Hidupmu Produktif

hidup-produktif

Siapa yang gak suka kehidupan yang produktif?

Menjalani hari dengan berbagai macam hal yang kita senangi sekaligus dapat meningkatkan semangat kita sendiri.

Tahun baru dengan suasana yang baru. Berbagai macam resolusi pun dibuat sedemikian rupa dalam menyambut tahun yang baru. Meskipun masih seperti hari biasa, tahun baru seakan menyihir kita terbawa dengan suasana serta semangat yang baru. Makanya banyak banget orang yang menyambutnya dengan suka cita.
Apa saja resolusimu untuk dijalankan satu tahun ke depan?
Kalo aku sedikit hide resolusi tahun ini karena malu resolusi di 2018 kemarin banyak yang gagal, hihihhh. Tadinya mau bikin rewind goals 2018, tetapi setelah di timang-timang, tahun kemarin aku sama sekali gak maju, hedeuhhh.

Karena banyak hal-hal dan faktor yang menyebabkan tahun 2018 ini lesu dan gak semangat mengejar target. Salah satunya gagal wisuda. Yah mau gimana lagi, sekarang di tahun 2019 ini harus di pompa lagi targetnya biar tercapai dan lebih semangat lagi.


Baca juga: 6 hal yang harus dilakukan ketika umur 20an

Lesu di tahun kemarin bukan berarti harus dilanjutkan di tahun 2019 ini dong ya. Ada banyak hal yang bisa buat kamu lebih produktif dalam aktifitas sehari-hari. Beberapa yang aku buat ini adalah yang sering aku kerjakan setiap hari agar hidup kita lebih produktif dan semangat.

tidur-awal

Tidur lebih awal

Sebagai seorang mahasiswa apalagi semester akhir, mungkin sudah tidak mengenal yang namanya tidur cepat. Padahal tidur lebih awal membantu kita untuk menjaga kesehatan sekaligus menjaga semangat di pagi harinya.

Tapi buat teman-teman yang belum ada kesibukan yang terlalu penting, sebaiknya menghindari tidur terlalu larut. Dengan tidur lebih awal saat sudah menyelesaikan kesibukan, akan membuat kita tidak mudah mengantuk untuk melanjutkan kesibukan lainnya keesokan hari.



daily-checklist
Buat daily checklist

Membuat daftar kegiatan yang akan kita lakukan selama satu hari membantu kita menepati apa yang akan kita rencanakan sebelumnya. Aktifitas rutin memang akan selalu ada di ingatan. Namun siapa yang akan mengingat kegiatan-kegiatan kecil lainnya yang hendak kita lakukan jika kita tidak mempersiapkannya.

Sebelum tidur ada baiknya untuk merencanakan apa saja kegiatan esok hari yang akan kita lakukan. Dengan membuat daftar kegiatan sehari-hari, kita jadi lebih siap saat mengerjakannya dan tidak ada hal yang tertinggal yang belum kita kerjakan nantinya.

bangun-pagi
Bangun Pagi

Selain tidur lebih awal, bangun pagi merupakan suatu keharusan buat kita agar lebih semangat dalam menjalani hari yang produktif. Begitupun denganku, semangat dalam menulis akan muncul ketika aku bangun subuh. Kalo gak bangun subuh, kegiatan selanjutnya pasti akan terbengkalai.

Dengan menghirup udara yang lebih segar di pagi hari, biasanya pikiran kita akan tenang dan lebih fokus untuk melakukan hal-hal yang hendak kita lakukan. Maka dari itu, kita harus terbiasa bangun pagi untuk memulai hari lebih semangat dan produktif.

membaca
Membaca

Membaca tak melulu harus dengan buku-buku yang tebal. Kita bisa memulai dengan bacaan ringan seperti artikel atau berita di media sosial. Apalagi jika kita seorang blogger. Asupan makanan seorang blogger agar rajin menulis ya dengan membaca.

Baca juga: Bijak dalam sosial media

Membaca membuat kita lebih mengenal serta belajar hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya. Dengan menambah pengetahuan serta wawasan kita sendiri dapat menjadikan kita lebih produktif dalam kehidupan sehari-hari.

perdalam-yang-kamu-suka
Perdalam apa yang kamu suka

Belajar serta memperdalam pengetahuan tentang apa yang kita suka merupakan hal yang sangat produktif yang bisa kita lakukan. Menyukai sesuatu dan ingin tahu lebih dalam adalah hal yang sangat baik bagi kita.

Misalnya saja teman-teman suka dengan desain grafis, dengan memperdalam ilmu tentang desain grafis, kita bisa mengembangkan kemampuan kita lebih jauh dengan mendesain web, iklan, atau yang lainnya.

Baca juga: Gabung Komunitas agar skill jadi meningkat

Hal yang kita suka akan menjadi sesuatu yang menghasilkan jika kita preteli satu-satu ilmunya. Temukan apa yang kita sukai selama ini dan mulai menggali lebih dalam apa yang kita suka. Bisa jadi nanti itulah yang membuat kita semakin berkembang pesat.

Kamis, 20 Desember 2018

Menilik Potensi Skema Investasi Peer To Peer Lending

peer-to-peer-lending

Saat ini, terdapat berbagai peluang investasi yang cukup menggiurkan. Salah satu skema investasi yang cukup menggiurkan adalah skema investasi peer to peer lending. Skema ini tergolong menggiurkan karena memiliki potensi yang cukup besar saat ini.

Apa sajakah potensi tersebut? 

Berikut ini beberapa hal yang membuat skema p2p lending dianggap memiliki potensi yang cukup besar.

Menggunakan sistem online yang mudah

Salah satu hal yang membuat skema investasi peer to peer lending terasa memiliki potensi yang sangat besar yakni terdapat dari sistem online yang digunakannya. Dengan menggunakan sistem online, maka secara tidak langsung setiap orang dapat melakukan investasi dengan cara yang sangat mudah kapanpun dan dimanapun mereka mau.

Hal ini tentu sangatlah bermanfaat untuk Anda yang super sibuk dan tetap ingin menghasilkan keuntungan secara pasif mengingat investasi peer to peer lending memberikan sistem secara online dengan tampilan yang sangat mudah.

Salah satu platform dengan skema p2p lending yang saat ini sangat potensial adalah Mekar. Didirakan oleh Putra Sampoerna, Mekar dapat menjadi medium untuk mendulang keuntungan berkat sistemnya yang dibuat secara online dan mudah. Dengan demikian, Anda dapat mendulang keuntungan kapanpun dan dimanapun Anda berada.

Imbal hasil yang menggiurkan


Tidak hanya sistem yang dibuat secara online dengan tampilan yang begitu mudah. Anda juga dapat melihat potensi besar dari skema peer to peer lending dari penawaran imbal hasil yang begitu menggiurkan. Contohnya, investasi p2p lending di Mekar memberikan imbal hasil hingga 12,5% setiap tahunnya secara pasti.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan Anda sehingga akan sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki passive income dengan persentase yang menggiurkan. Oleh karena itu, wajar rasanya jika skema investasi peer to peer lending tergolong investasi yang baik dan bisa menjadi pilihan untuk Anda yang masih awam terhadap dunia investasi.

Besarnya potensi skema investasi peer to peer lending tentu tidak dapat dilepaskan dari keamanan yang diberikan. Pastikan juga Anda mengikuti investasi p2p lending di platform yang telah terdaftar OJK.

Semoga bermanfaat!

Sabtu, 15 Desember 2018

Mengulas Tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Efektif

kulit-kering-nivea

Kulit manusia mempunyai berbagai macam jenis yang ada yaitu kulit kering, lembab, dan juga berminyak. Sehingga ketika memilih produk perawatan harus menyesuaikan jenis kulit yang dimiliki untuk mendapatkan manfaat yang terbaik. Untuk pemilik kulit kering biasanya harus memilih berbagai produk yang bisa membuat kulit lebih lembab dan mencegah kulit kering bertambah parah.

Oleh karena itulah ketika memilih produk perawatan pastikan untuk memilih sabun mandi untuk kulit kering, sabun cuci muka untuk kulit kering, dan juga bahkan harus memilih produk yang cocok untuk pemilik bibir kering.

Kulit kering juga mempunyai beberapa hal yang bisa menyebabkannya. Sehingga dengan mengetahui penyebabnya Anda akan lebih mudah untuk cara pencegahan dan cara menghilangkan kulit kering yang dirasakan. Misalnya saja beberapa penyebab kulit menjadi lebih kering dari biasanya adalah karena:

● Penyebab pertama adalah mengalami iritasi yang bisa disebabkan oleh parfum dan sabun.

● Penyebab selanjutnya adalah karena menggosok kulit ketika sedang membersihkan kulit secara belebihan.

● Karena bertambahnya usia sehingga membuat kulit makin tipis.

● Menggosok badan dengan handuk setelah mandi.

● Menggunakan sabun yang tidak cocok dan membuat kulit kering menjadi lebih parah.

● Perubahan cuaca sehingga membuat perubahan kelembapan udara.

● Kondisi tertentu seperti bersisik dan kemerahan.

Sehingga dengan mengetahui beberapa penyebab kulit kering seperti di atas, nantinya dapat untuk mengetahui cara pencegahan yang tepat. Karena kulit kering tersebut membutuhkan pertolongan sehingga membuat kulit akan lebih sehat dan mempunyai tampilan yang cantik. Misalnya untuk mendapatkan berbagai tips untuk mengatasi kulit kering tersebut dibaca dengan lengkap pada link berikut https://www.nivea.co.id/saran/tipe-kulit/kulit-kering-165.

Dimana salah satu cara untuk mengatasi kulit kering adalah menggunakan produk Nivea. Merek ini menyediakan berbagai variasi produk untuk mengatasi kulit kering karena berbagai alasan di atas. Sehingga nantinya Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat, halus, dan juga cantik. Pilihan produk mengatasi kulit kering dari Nivea tersebut adalah:

Nivea Soft merupakan perawatan pertama yang merupakan pelembab dengan kegunaan untuk menyegarkan kulit.

Make Up Starter White day serum merupakan krim pelembab yang digunakan untuk mencegah kulit kering.
This entry was posted in

Rabu, 12 Desember 2018

6 Hal Yang Mau Tidak Mau Harus Dilakukan Ketika Umur 20an

hal-yang-dilakukan-umur-20

Apa kabar anak-anak 90-an?

Generasi terakhir millenials ni katanya. Anak-anak terakhir yang ngerasain enaknya main petak umpet, bepe-bepean, masak-masakan, kelereng, dll. Setelah itu muncul lagi yang namanya generasi Z dibawah kita, yaitu anak-anak zaman sekarang yang sudah terpapar dengan berbagai macam teknologi.

Umur kita saat ini pastinya sudah mencapai angka 20 keatas.

Ngerasain gak kalo kita udah tua? Hahah.

Percaya gak percaya yah itulah adanya. Rasanya baru kemarin main lompat karet sama temen-temen di sekolah, eh baru nyadar kalo sekarang udah harus melangkah ke kehidupan yang sebenarnya.

Dengan usia yang sudah cukup dewasa ini, ngerasa gak sih lama-lama kita jadi semakin banyak tuntutan. Tuntutan ini bukan paksaan dari siapapun, melainkan memang mau tidak mau harus kita lakukan di umur segini.

Sebelum buat tulisan ini, Aku sempat tersadar kalo apa yang aku lakukan akhir-akhir ini menuntunku mempersiapkan masa depan.

6 hal ini mungkin juga sudah menjadi kegiatan teman-teman di umur 20-an. Atau mungkin buat yang belum ngelakuin? Tenang, lambat-laun teman-teman juga akan ngelakuin hal yang sama sepertiku.

Mengatur masa depan

mengatur-masa-depan

Tak dapat dipungkiri, umur 20-an sudah tak ada lagi waktunya main-main. Sudah tak lagi waktunya memikirkan hal-hal yang tidak berguna.

Secara sadar ataupun tidak, kita sudah memikirkan akan kemana kita sesudah ini. Apalagi jika kita baru saja menyelesaikan pendidikan. Sudah pasti pikiran untuk masa depan mulai terbentuk.

Kebiasaaan yang sering Aku lakukan yaitu merencanakan masa depan sebelum tidur, hahah. Manusia hanya bisa berencana, Tuhan yang menentukan nantinya. Namun yang namanya hidup yang penting kita sudah memiliki tujuan yang jelas, mau kemana kita nanti.

Baca juga: Pesatnya Periklanan Indonesia di Masa Depan

Menabung

menabung


Kalo semester awal-awal belum ada pikiran mau nabung. Yang dilakukan bisanya cuman jajan, ngabisin duit, boros, dll.

Tapi semakin tua semakin sadar dan timbul pertanyaan kalo mau boros,

"Dapet duit ini gimana ya?"

Apalagi uang yang sering kita belanjakan adalah uang orang tua. Kita tidak pernah berpikir darimana mereka mendapatkan uang tersebut? Seberapa keras usaha mereka untuk mendapatkannya?

Kita akan semakin berpikir dewasa untuk "sayang" dengan uang (dalam artian boros). Berhenti membelanjakan suatu hal yang belum penting. Berhenti menghabiskan uang orang tua untuk bergaya agar dilihat bagus oleh orang lain.

Mulai menabung meskipun kita masih menjadi beban orang tua. Beli keperluan yang memang dibutuhkan dan berhenti menghamburkan uang tanpa tau manfaatnya ya.

Belajar finansial

belajar-keuangan

Akhir-akhir ini aku tertarik dengan beberapa postingan tentang investasi di explore Instagram.

Buat teman-teman yang mungkin sudah memiliki pemasukan sendiri meskipun gak banyak, belajarlah mengatur keuangan sendiri.

Hendak di kemanakan uang yang kita dapat?

Kalo udah punya pemasukan sendiri sih, Aku yakin teman-teman gak akan boros karena udah tau apa rasanya cari uang. Dan yang dilakukan adalah menyimpan pemasukan tersebut untuk berjaga-jaga.

Aku sendiri masih di biayai orang tua, tapi ada juga pemasukan untuk membantu ngisi tabungan. Yah meskipun cuman cukup untuk jajan doang, setidaknya pemasukan tersebut di atur agar gak habis aja.

Fyi, beberapa bulan ini aku udah gak lagi minta jajan sama ortu, kecuali minta untuk bayaran kuliahku yang belum selesai. Masalah jajan (beli baju, sepatu, tas, dll) aku udah pake uang sendiri. Tapi meskipun uang hasil sendiri tentu gak boleh foya-foya loh, masukin tabungan biar uangnya aman dan bisa digunakan buat keperluan lain.

Aku juga lagi belajar tentang investasi. Satu hal yang menurutku dulu adalah bahasan yang berat sekali. Namun mau gak mau kita perlu belajar, siapa tau nanti kalo udah punya gaji beneran kan bisa investasi.

Belajar keuangan itu penting karena segala kehidupan ini selalu bersinggungan dengan uang. Jangan sampai kita tidak tahu arusnya dan malah terhanyut akan uang. Jadi harus bijak ya mengatur keuangan.

Mengerti perbedaan

mengerti-perbedaan

Semakin dewasa kita, semakin kita mengerti akan perbedaan. Yang dulunya kita egois, maunya menang sendiri, maunya didengerin sendiri, tapi dibalik itu kita harus mengenal orang lain.

Aku suka males sama temen yang masih suka nyalahin orang lain. Dalam segala hal kadang dia suka komen karena gak sama kayak apa yang dia lakukan. Padahal udah dewasa, tapi belum bisa ngerti perbedaan.

Dunia ini bukan hanya tentang diri kita. Di luar itu kita punya orang-orang yang tidak sama dengan kita. Orang-orang yang punya cara hiduo berbeda, mulai dari cara makan, masak, tidur, menyelesaikan masalah, atau bahkan cara membeli barang. Semua orang punya perbedaan yang harus kita maklumi dan terima.

Dengan punya teman seperti itu, Aku juga sadar mau tak mau harus mengerti juga perbedaan yang ada padanya, yaitu tidak bisa menghargai perbedaan. Aduh pusing bacanya, hahah.

Baca juga: Setiap Orang Punya Standar Berbeda

Belajar ilmu pernikahan

belajar-ilmu-pernikahan

Gatau yah, apa cuman Aku yang sekarang udah mulai kepo sama pernikahan, hahah. Belajar ilmu pernikahan itu luas ya, jadi jangan mikirnya ke yang aneh-aneh dulu.

Banyak hal yang harus kita pelajari sebelum melangkah ke pernikahan. Nikah itu gak cuman saat kamu udah cinta mati aja sama seseorang, tapi banyak hal yang harus di pikirkan masak-masak.

Nikah itu ibadah dan perlu dilihat dari empat kriteria yaitu, karena agamanya, kecantikannya, keturunannya, dan hartanya.

Agamanya seperti apa, seiman apa gak. Kan ribet juga kalo udah terlanjur cinta sama beda agama ye kan. Terus dilihat dari kecantikannya, maksudnya baik apa gak nih dijadiin calon. Kalo marah dianya gimana main fisik apa gak, suka boong gak, perhatian gak, harus dipikirin baik-baik itu.

Dilihat juga keturunannya gimana, yang baik-baik kah atau gimana. Harus cek juga kesehatan calon kita nih sebelum nikah, kita juga tentunya, biar udah nikah gak terjadi hal-hal yang gak diinginkan.

Eh btw fasih banget Aku yah, hahah. Gak kok ini pengetahuan umum aja, Aku belum punya calon, hihihhh.

Belajar masak

belajar-masak


Se males-malesnya cewek masak, akan ada masa dimana dia akan "mau" masak dengan sendirinya.

Aku juga selama ini malas banget masak. Tapi semakin tua semakin sadar kalo masak itu perlu dan pastinya asyik.

Buat kamu yang udah suka masak dari remaja yah syukur. Kalo Aku sih baru akhir-akhir ini suka masak.

Aku masak bukan berarti aku belajar buat nikah yah. Tapi emang mungkin udah waktunya buat suka masak, karena gak kenyang makan masakan warung. Kalo masak sendiri lebih puas meskipun rasanya belum se-expert ibu-ibu.

Baca juga: Inilah Diet Keto yang Bisa dicoba

Itu tadi 6 hal yang sudah dan masih Aku lakukan sampai sekarang. Kalo teman-teman apalagi nih yang secara gak sadar udah teman-teman siapkan untuk masa depan?
Share pengalamanmu ya di kolom komentar!

Kamis, 06 Desember 2018

Wujudkan 4 Program KBA di Lempuing Bengkulu

lempuing-bengkulu
Salah satu program terbaik dari PT Astra International Tbk dalam kegiatan sosialnya yaitu Kampung Berseri Astra. Program tersebut merupakan program Sosial Berkelanjutan Astra yang di implementasikan untuk masyarakat berdasarkan konsep empat pilar, yaitu Kesehatan, Pendidikan Lingkungan, serta Kewirausahaan.

Program yang sangat menarik untuk bekerjasama dengan masyarakat dalam hal mewujudkan Indonesia ke depannya. Astra melaksanakan program tersebut bersama dengan 77 daerah di seluruh Indonesia yang dinamakan binaan Kampung Berseri Astra (KBA).

Salah satu daerah yang memiliki KBA di daerah saya yaitu Lempuing, Bengkulu. Sejak tahun 2017, program ini sudah berjalan dengan mengutamakan ke empat pilar tadi.

Lingkungan Bersih

Masyarakat yang sehat dimulai dengan lingkungan yang dijaga dengan bersih. Program kebersihan peduli dengan lingkungan menjadikan masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan.

Bergotong royong dalam membersihkan setiap sudut lingkungan. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk merawat daerahnya sendiri dalam hal kebersihan. Karena kebersihan hal yang harus diutamakan dalam segala hal.

Kesehatan diutamakan

Meskipun terdaftar sejak satu tahun yang lalu, program KBA di Lempuing, Bengkulu masih tetap berjalan hingga sekarang. Program kesehatan yang baru saja dilakukan yaitu bakti sosial dan senam bersama masyarakat setempat. Selain itu diadakan juga donor darah serta cek kesehatan gratis yang bekerjasama dengan PMII.

Picture by: pedomanbengkulu.com

Melalui kerjasama dari berbagai pihak, program demi program terlaksana dengan baik demi menumbuhkan semangat masyarakat untuk selalu hidup sehat. Dengan masyarakat yang terlibat untuk hidup sehat diharapkan mampu untuk membiasakan diri baik dengan adanya program maupun tanpa ada program tersebut.

Kecerdasan Penerus Bangsa 


Dengan memperhatikan masa depan penerus bangsa, kecerdasan anak-anak juga harus di utamakan. Hal ini telah menjadi sorot utama Astra dalam menciptakan penerus bangsa yang unggul dalam kecerdasannya.

Fasilitas seperti pemasangan wifi untuk masyarakatnya mencari segala informasi, serta perpustakaan umum yang sangat berguna bagi masyarakat serta anak-anak dalam mendapatkan ilmu pengetahuan baru.

Produktif Berwirausaha

Melalui program kewirausahaan, tujuan utamanya yaitu produktif berwirausaha. Untuk terlaksananya program kewirausahaan, Astra memberikan pelatihan pemasaran online serta manajemen keuangan yang berkelanjutan dan terencana dengan baik.

Tidak hanya unggul dalam kecerdasan saja, masyarakat hendaknya bisa memanfaatkan sumber daya yang ada menjadi sebuah penghasilan untuk masayrakat itu sendiri. Sehingga nantinya masyarakat lebih produktif dalam mengelola perekonomian ke depannya.

Picture by: pedomanbengkulu.com

Tidak hanya pelatihan saja, masyarakat diberikan kesempatan membangun atau mendirikan usaha melalui UKM. Astra juga memberikan bantuan dana untuk masyarakat yang ingin memulai mendirikan UKM, dengan produktif dalam berwirausaha akan menjadikan upaya untuk memperkuat daya ekonomi masyarakat terutama di Lempuing, Bengkulu.

Program yang sangat positif melalui KBA ini sangat membantu pemerintah untuk ikut mengedepankan nasib masyarakat supaya menjadi lebih baik. Karena untuk menjadikan negara ini lebih baik memang harus dimulai dari daerah terlebih dahulu.