Sabtu, 17 Juni 2017

TIPS TRAVELLING SYAR'I



Assalamu’alaikum.

Apa kabarnya teman-teman, semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu haus akan ilmu pengetahuan.

Sang pemimpi hadir lagi nih, tentunya mohon maaf terlebih dahulu untuk teman-teman pembaca yang sudah lama merindukan tulisan sederhana dan alah kadarnya ini.

Mengapa saya mulai nge-blog lagi?
Saya baru saja mendapatkan hidayah nih teman-teman. Yah yang namanya hidayah itu bisa datang kapan saja dan dimana saja, yang kita sendri juga tidak bisa memprediksinya.
Jadi tadi saya melihat ada seorang teman saya yang membuka blog saya. Saya hanya melihat dan tercengang sambil berkata dalam hati “Lah dia buka blog saya?”
Nah kenapa saya tercengang karena saya sendiri pun sudah lama tidak membuka blog saya. Menjadi sebuah tamparan keras untuk saya sehingga menyadarkan saya untuk kembali mengurus blog sederhana yang cukup penting ini.
Saya anggap penting loh ya!
Beberapa minggu lalu nih teman-teman, saya bersama dengan sahabat-sahabat saya refreshing ke Curup. Buat kalian yang belum tahu dimana Curup, Curup merupakan salah satu kota yang ada di Bengkulu.
Nah saya bukan ingin menceritakan jalan-jalan saya. Tetapi saya ingin memberikan tips nih buat teman-teman pembaca semua, tentang bagaimana melakukan perjalanan. Terkhusus buat muslimah nih tentunya. Karena memang kadang muslimah itu biasanya selalu ribet apabila ingin melakukan perjalanan. Apalagi muslimah suka males jalan-jalan karena jilbab syar’I nya.
Siapa bilang berjilbab syar’I gak bisa kemana-mana?
Saya akan memberikan tips tetap syar’I meskipun sedang melakukan perjalanan jauh.
1. Persiapan awal
Persiapkan dirimu sebaik mungkin. Mulai dari kesehatan sampai kelengkapan keperluan. Muslimah nih biasanya suka ribet sendiri kalo udah jalan-jalan. So jangan sampai perlengkapan kita ada yang tercecer. Lebih baik cek kembali di malam hari sebelum keberangkatan.
2. Pakaian
Buat teman-teman yang melakukan perjalanan hanya satu hari, pakailah baju yang simple saja. Tidak usah banyak aksesoris jilbab atau yang lainnya. Kita Cuma mau jalan-jalan, bukan mau ngisi seminar.

Buat teman-teman yang melakukan perjalanan beberapa hari, siapkan pakaian yang simple saja dan tidak mudah kusut. Karena kalo bawa setrika, agak ribet juga sih. Kalo saya pribadi tentunya tidak akan membawa baju potong dan rok panjang. Karena dua hal itu bisa memenuhi tas atau koper kita nantinya. Bawalah gamis atau baju langsung yang tidak mudah kusut. Dengan begitu kita bisa menghemat space koper dengan hal-hal lainnya.

Pakailah baju dan hijab yang simple dan tidak mudah kusut. Biasanya muslimah selalu bingung bisakah jalan-jalan memakai rok panjang. Jawabannya adalah BISA! Saya pun sekarang setiap jalan-jalan pasti selalu memakai gamis. Tentunya yang sesuai tempat ya teman-teman. Pakailah pakaian dengan bahan yang nyaman, longgar dan simple yang apabila duduk tidak mudah kusut dan tidak menghalangi kaki kita saat melangkah.

Bawa juga mukenah teman-teman, supaya nanti saat singgah di masjid, tidak perlu lagi repot meminjam mukenah masjid. Atau bahkan menunggu bergantian memakai mukenah masjid. Dengan begitu teman-teman tak perlu merasa khawatir atau takut ditinggalkan teman lainnya karena lama atau lelet.
3. Alat Make Up
Simpan alat make up pada satu wadah. Jangan sampai tercecer kemana-mana. Meskipun syar’I muslimah juga perlu merawat wajah agar tidak kusam. Cukup bawa yang penting-penting saja seperti Pelembab, Hand & Body, Bedak, Lipstik, dan Parfum.
4. Peralatan Mandi
Bagi teman-teman yang akan menginap, simpan alat mandi dalam satu tempat juga. Tidak usah repot-repot bawa scrubbing atau hal-hal lainnya. Ingat, perjalanan kita hanya sementara, bukan mau pindah. Cukup bawa Sabun Mandi, Shampoo, Sikat gigi, dan pasta gigi.
5. Charger
Siapkan charger handphone dan power bank. Teman-teman pastinya tidak ingin melewatkan begitu saja moment-moment berharga saat jalan-jalan. Jadi untuk menghemat baterai hp, matikan paket datanya dan hanya digunakan sesekali. Tak perlulah upload sana-sini, yang bisa menyebabkan baterai hp terkuras. Jika ingin memberi tahu media bahwa teman-teman sedang jalan-jalan, lakukanlah sebelum keberangkatan, dan mulailah untuk mematikan data. Hidupkan kembali apabila kita benar-benar sedang berada didekat sumber listrik. Jangan lupa isi full powerbank jika teman-teman membawanya. Powerbank juga berguna untuk antisipasi jika tidak ada sumber listrik nantinya.
Jangan pikirkan untuk selalu update status bahwa kita sedang berada disana atau disini. Cukup fokus dan nikmati jalan-jalan kita. Apabila sudah pulang ke rumah, baru kita bisa upload ke media sosial bahwa kita sudah melakukan perjalanan. Semua ini berguna untuk teman-teman agar bisa lebih nyaman mengabadikan moment berharga kita.
6. Sepatu
Saat jalan-jalan tentunya pilihlah sepatu yang tepat untuk kita. Sesuaikan juga dengan tempat kita melakukan perjalanan. Jangan sampai salah kostum ya sahabat. Saat mengisi atau menghadiri acara formal, teman-teman bisa saja menggunakan sepatu heels, atau pantofel. Tapi jika teman-teman ingin mengunjungi tempat-tempat wisata, sebaiknya menggunakan sepatu sport, atau sandal yang nyaman. Tentunya jangan lupa pakai kaos kaki ya sahabat! Trendi tapi juga harus tetap syar’I dong ya!
7. Tas
Khusus buat teman-teman yang melakukan perjalanan satu hari, bawalah tas selempang kecil atau ransel kecil. Jangan meribetkan diri sendiri ya. Cukup bawa seadanya, dan isinya cukup dengan bedak, lipstick, parfum, charger, dan dompet ya sahabat. Jangan banyak-banyak!
8. Dompet
Bawalah uang seperlunya saja. Jangan terlalu berlebihan. Apabila tujuan sahabat memang untuk berbelanja, ada baiknya uang sahabat di simpan di atm atau kartu kredit. Jangan terlalu banyak memegang uang tunai. Cukup seperlunya saja. Uang tunai sebaiknya juga disimpan didalam kantong saku sahabat, agar lebih aman. Bagi muslimah yang memakai gamis atau baju langsung mungkin tidak semuanya memiliki saku, jadi bisa disimpan didalam tas saja, asal hati-hati ya!. Teman-teman tidak ingin kan, niatnya jalan-jalan tapi kemalingan?
9. Enjoy
Focus pada tujuan teman-teman dalam melakukan perjalanan. Hubungi orang-orang yang dirasa penting. Jangan terlalu excited tanpa persiapan apa-apa. Meskipun sehari, persiapan juga harus. Selalu jaga kesehatan kita agar bisa menjelajah kemanapun kita mau. Dan tidak lupa selalu berhati-hati terhadap lingkungan baru. Jangan terlalu percaya dengan orang asing yang nampaknya mencurigakan ya.
Nah teman-teman itu tadi tips dari saya. Jadi teman-teman tak perlu merasa khawatir dengan pakaian syar’I kita. Berpakaian syar’I masih bisa melakukan apa saja. Asal kita bisa kreatif dan memutar otak sedikit, kita bisa melakukan apapun yang kita mau.
Jangan dengarkan komentar negative orang lain yang selalu memojokkanmu dan menghalangimu dalam berhijab syar’i. Percayalah, pakaian syar’I bisa melakukan apa yang orang lain lakukan, tanpa harus menjadikan hijab kita tak menutup aurat.
Syar’I mampu melanglang buana. Syar’I mampu menjadi yang terdepan. Asal ada niat dan tindakan. Dan jangan menjadikan alasan bahwa pakaian syar’I tidak bisa bergaya atau mengikuti trend.
Pertanyaanya trend seperti apa dulu?

Bengkulu, 29 Maret 2017 10.44 pm
Fha


2 komentar:

  1. Wahh.. Sayang bru baco blog mbx kni. Hehehee..
    Keren tips2 nya mbc.. Lain x kalo bepergian nengsih bakal amalin ni tips. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantepp. tidak ada kata terlambat baca postingan neng, heheh. thank you!

      Hapus