Jumat, 27 April 2018

Flash Blogging Bengkulu: Menuju Indonesia Maju


Sering banget ikut lomba menulis. Udah biasa menulis dengan deadline atau tenggat waktu tertentu. Tapi biasanya waktu bisa dalam seminggu maupun satu bulan lamanya. Atau bahkan lebih cepat dalam satu hari saja.

Kali ini, ditantang menulis dalam tenggat waktu cuman satu jam.

Hari ini, Jum’at, 27 April 2018, Saya mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika atau disingkat dengan Kemkominfo.

Flashblogging yang sudah diadakan di berbagai daerah dan kota seluruh Indonesia, akhirnya sampai juga ke Bengkulu.

Selain Kemkominfo, Flash Blogging Bengkulu ini juga bekerja sama dengan Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, serta Direktorat Kemitraan Komunikasi.

Kegiatan yang cukup bergengsi. Karena kegiatan ini dihadiri oleh para blogger dari berbagai daerah yang ada di wilayah Bengkulu. Tempatnya di Hotel Amaris yang juga gak kalah kece.

Saking semangatnya, Saya udah standby dari jam setengah sembilan. Padahal undangannya jam 9.00. Yah gak luar biasa banget sih, yang pastinya saat saya datang, saya ngisi daftar hadir pertama. Huhuuu

Sempat searching juga sebelumnya gimana biasanya flash blogging yang diadakan Kemkominfo ini. Secara gitu kan yang diundang blogger semua, jadi sudah pasti banyak banget tulisan bertebaran tentang flash blogging ini.

Kurang lebih kegiatan yang sudah terlaksana hari ini, sama dengan Flash Blogging di daerah lainnya.

Namanya juga Flash Blogging. Kita di tuntut untuk menulis cepat. Menulis kurang lebih satu jam di tempat.

Saya kira gak ada yang lebih greget dari tenggat waktu nulis pas di ACYC kemarin, waktu yang diberikan kurang lebih satu hari. Ternyata ini lebih greget, satu jam teman-teman.

Tapi yang namanya zona nyaman itu gak selalu nyaman. Kita harus bisa berjuang di zona yang tak ternyaman sekalipun agar kita tahu rasanya gimana. Sama kayak ngeblog, terbiasa nulis sesuka hati, kini harus menantang diri menulis dengan waktu yang terbatas.

Keefektifan Blog
Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistika

Acara dimulai jam 9.00, dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Untuk sambutan pertama, disampaikan langsung oleh Sekretaris Dinas Kominfo dan Statistika, Bapak Ferry.

Di sambutan ini beliau menyampaikan mengenai sosial media. Di zaman yang sedang kita rasakan ini, sosial media sudah menyebar luas tanpa henti. Siapapun dan kapanpun kita bisa mengaksesnya.

Salah satu sosial media untuk penyampaian informasi yaitu Blog. Beliau juga bilang bahwa blog ini sangat efektif dalam menyebarkan informasi mengenai program pembangunan. Teutama dalam pembanguan daerah Bengkulu itu sendiri.

Untuk itu blogger di kumpulkan dalam satu acara ini, guna untuk ikut menyebarluaskan program-program pemerintah untuk daerahnya ke masyarakat luas.

Sudah banyak juga program pembangunan daerah yang di canangkan oleh pemerintahan Bengkulu. rencana pembangunan Tol Laut di Enggano juga disampaikan oleh beliau. Dan harapannya, pembangunan ini bukan hanya rencana ssaja, tetapi bisa di optimalisasikan ke depannya.

Penyebaran Informasi Hoax 
Direktur Kemitraan Komunikasi
Selain itu, acara juga dibuka secara resmi oleh Bapak Dedet Surya Nandika selaku Direktur Kemitraan Komunikasi.

Sama seperti Bapak Ferry, beliau juga menyampaikan mengenai program pemerintahan. Tak tertinggal bahasan pengenai perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat. Setiap informasi pasti selalu ada yang positif dan negative.

Sisi positif dapat kita ambil manfaatnya dalam penyebaran yang semakin muda di media sosial. Sisi negatifnya yaitu penyebaran informasi yang simpang siur dan tidak benar. Zaman sekarang sering disebut dengan Hoax.

Sering sekali kita membaca berita yang tersebar di internet yang belum pasti kebenarannya, baik itu tentang masyarakat, pendidikan, kesehatan, dan sebgaainya.

Bukan hanya itu, ternyata dalam pemerintahan pun masih ada yang menyebarkan informasi hoax. Seperti program-program yang belum tahu kebenarannya, sampai ke kegiatan pemerintahan yang masih simpang siur.

Nah untuk itu, pemerintahan sampai sekarang tetap berusaha untuk menanggulangi penyebaran informasi yang belum diketahui kebenarannya dengan adanya sosialisasi. Dengan sosialisasi yang pas target, pasti akan tersampaikan dengan baik.

Menuju Indonesia maju

Sejauh ini, sudah terlihat jelas tujuan dalam Flash Blogging. Kerasa banget selain silaturahim dan mengenal sesama Blogger yang belum pernah saya lihat sebelumnya, kita juga tahu sedikit seluk beuk mengenai program pemerintahan. Terlebih diperjelas lagi oleh Bapak Andoko Darta sebagai Tim Komunikasi Presiden.
Tim Komunikasi Presiden
Bapak Andoko juga membahas sedikit mengenai informasi hoax dengan menganalogikan seperti ular. Belum ada manusia di dunia ini yang mati karena di gigit ular. Tetapi manusia mati karena bisa ular tersebut. Sama seperti hoax. Produksi Hoax itu tidak berbahaya, yang berbahaya itu adalah penyeebarannya.

Iya bener banget, kalo misalnya informasi hoax cuman diproduksi oleh satu orang tetapi tidak ada yang ingin menyebarkannya. Hoax tersebut tidak akan menyebar keman-mana dan menyesatkan masyarakat sebagai pembacanya.

Yang perlu kita antisipasi yaitu orang yang menyebarkan. Tidak menentu orangnya siapa. Kita pun bisa menjadi orang tersebut. Orang yang ikut menyebarkan berita atau informasi yang belum tahu benar atau tidak.

Dalam program pemerintahan, Presiden Kita saat ini sudah memasuki tahun ke empat. Salah satu yang diinginkan yaitu Menuju Indonesia Maju.

Beberapa berita miring yang sudah pasti belum ada kebenarannya yaitu tidak ada lagi Indonesia di tahun 2030. Hal inilah yang menjadi pendorong pemerintahan untuk memajukan Indonesia, agar di tahun 2030 kedepannya Indonesia pasti akan menjadi Negara maju.

Memajukan Indonesia memang bukan hal yang mudah. Namun bisa direncanakan dari sekarang. Mulai dari pembangunan Infrastruktur dan kualitas manusianya sendiri.

Sudah nampak jelas pembangunan dan perbaikan di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satunya pemeratan dan keadilan dalam distribusi minyak. Pak Andoko juga memperlihatkan video yang berisi proses pembangunan di berbagai wilayah di Indonesia yang belum tersentuh oleh pemerintahan.

Salah satu videonya yaitu pendistribusian minyak ke wilayah yang susah dijangkau, yaitu Ulu Rian dan Long Bagun. Penjualan minyak disana hampir mencapai 45.000 per liternya. Berbeda jauh sekali dengan Bengkulu yang hanya 8.000 per liternya.

Maka dari itu sekarang pemerintahan Indonesia memberikan pemerataan keadilan dengan menjual minyak sama dengan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.
Pemerataan tidak dapat dicapai dengan kesamaan perilaku, namu dengan keadilan. Sumber gambar: https://pics.me.me/persamaan-bukan-berarti-keadilan-inilah-persamaan-inilah-keadilan-13468690.png
Penggunaan Sosial Media

Penyampaian terakhir juga disampaikan oleh Kak Mira Sahid sebagai Penggiat Blogger. Beliau juga adalah founder Komunitas Emak Blogger, yang selalu Saya BW blognya.
Founder KEB
Penggunaan media sosial memang marak, dan kita harus berhati-hati. Karena kadang kita bisa mendapat keuntungan dalam ber-media sosial, namun juga bisa terkena dampak negatifnya juga. Tergantung kita mau jadi pengguna seperti apa?

Think before posting! Sebanyak apapun akun sosial media kita.

Terutama dalam dunia blog. Trend blogging akan terus ada dalam 10 tahun kedepan. Blog bisa menjadi branding kita. Tergantung niat kita dalam menulis di blog, apakah hanya ingin eksis saja, atau aka nada pesan yang dapat kita sampaikan didalamnya.

Manfaat dalam ngeblog yaitu dapat bercerita dan berbagai pengalaman ataupun informasi dengan siapapun yang membaca. Blog menjadi ajang promosi yang lebih naratif.

Membuat tulisan itu tidak mudah seperti yang orang pikirkan. Perlu adanya waktu dan merangkai kata-kata hingga akhirnya menjadi sebuah kalimat dan tulisan yang baik.

Ketika tidak bisa mempromosikan pemerintahan, lakukanlah sesuatu untuk bangsamu sendiri.

Menulis tentunya harus yang baik dan positif, karena saat kita sudah tidak ada lagi, itu akan menjadi rekam jejak kita selamanya. Selain itu menulis di blog juga membangun engagement.

Jika biasanya engagement itu bersifat sementara, bagaimana dengan long term. Yaitu dengan etika. Dengan klien ataupun pemerintah, kita harus menjaga etika. Engagement tidak hanya bentuk komersial, tetapi silaturahim yang baik.

You are what you write!

Ketika ingin membagikan tulisan pertama kita harus THINK.

T – True (Benarkah?)

H – Hurtful (Menyakitkankah?)

I – Illegal (hati-hati membicarakan orang di media sosial)

N – Necessary (Pentingkah?) pentingkah kita menulis?

K – Kind (Apakah santun dan sopan?)

Think before Post - #BijakBersosmed

“Tetaplah menulis, maka kau akan tahu siapa dirimu!” Mira Sahid.
Flash Blogging

Kegiatan tantangan menulis selama satu jam cukup diburu waktu. Satu jam rasanya kura untuk menuangkan ide yang didapat dalam sebuah tulisan. Namun tantangan harus kita hadapi.

Dan kedepannya flash blogging ini dapat menjadi wadah bagi para blogger untuk memberitahukan program pemerintahan yang benar dan jelas kepada masyarakat sekaligus embantu dalam penyumbatan penyebaran informasi hoax.

20 komentar:

  1. Semoga acara kayak gini sering-sering di Bengkulu yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga aja kak, jadi semangat nulis kalo gituu

      Hapus
  2. acara yang bener-bener keren ya kak, banyak informasi yang didapet,jadi semakin semangat buat jadi blogger yang anti-hoax

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangett kak, harus ituuu

      Hapus
  3. Suka banget sama kutipan-kutipan dari mbak mira hehe. Apalagi gaya membawakan materinya bagus. Jadi pengen ketemu lagii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, kekinian juga mbaknya hihihii

      Hapus
  4. Semoga acara seperti ini terus ada ya

    BalasHapus
  5. seru ya acara ini selain apa ilmu, kawan, dan duit sama tas, hahaha

    jadi makin tau dan mengerucut niat ngeblog itu apa...itu kalo saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh. Tasnya juga keren btw. Hihiii

      Hapus
  6. Ini juga kali pertama saya ikutan flashblogging dek, meski waktu mepet untuk nulis, tapi itu jadi daya tariknya, bekerja dan berpikir sekaligus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi greget gitu kan mbak, hihihhh

      Hapus
  7. barakallah teman-teman bengkulu... semoga dari blog bisa benar-benar berkonstribusi untuk NKRI...

    BalasHapus
  8. Seru ya acaranya. mendidik pula. good

    BalasHapus
  9. Betul ya dek. Biasanya secepat-cepatnya lomba blog, setidaknya dikasih waktu seharian bukan sejam. Tantangan baru xD

    BalasHapus