Senin, 24 Juli 2023

Spesial Festival Tabut Bengkulu 2023: Dari Pedagang UMKM sampai ke Kunjungan Presiden RI


Bagi masyarakat Bengkulu, event besar seperti Festival Tabut adalah event yang paling ditunggu-tunggu. Tradisi Tabut sendiri merupakan salah satu tradisi turun temurun yang sudah lama dilestraikan dari generasi ke generasi serta diselenggarakan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram.

Tentunya antusias masyarakat yang mengunjungi festival sangat besar. Bukan hanya masyarakat kota Bengkulu saja, tetapi juga dari luar Bengkulu.

Tahun ini, merupakan tahun kedua kalinya setelah COVID19 menyerang. Dimana sudah 2 tahun kurang lebih Festival Tabut tidak diselenggarakan mengingat Pandemi yang menyerang beberapa tahun belakangan ini.


Festival Tabut Bengkulu

Festival Tabut menjadi ajang yang istimewa dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram di Bengkulu. Dalam event besar Festival Tabut ini, selain mengadakan ritual Tabut yang menjadi ciri khasnya, juga diselenggarakan berbagai perlombaan seperti lomba tari dan alat musik daerah, yang menampilkan kekayaan budaya lokal.
http://potokito.blogspot.com/2011/11/tabot-festival-in-bengkulu-indonesia.html
Source by potokito.blogspot.com
Selain itu, ada juga pameran kuliner, fashion, dan beragam produk unik ikut meramaikan festival ini, memancing antusiasme besar dari masyarakat dan pengunjung yang hadir. Festival Tabut tidak hanya menjadi perayaan semata, tetapi juga menjadi ajang kebersamaan, kreativitas, dan kebanggaan dalam melestarikan budaya daerah, khususnya Bengkulu.


Peran Penting UMKM

Selain menjadi ajang perayaan budaya lokal, Festival Tabut juga memberikan peran penting bagi para pelaku UMKM. Pedagang UMKM juga punya peran penting dalam memeriahkan dan meramaikan festival ini.

1. Menyediakan Beragam Produk Lokal
Antusiasme dari masyarakat terlebih para pedagang UMKM memanfaatkan momen Festival Tabut ini untuk menampilkan beragam produk lokal dan kerajinan khas Bengkulu. Dari pakaian tradisional, aksesoris, makanan khas, hingga kerajinan tangan, semua dapat ditemukan di stan-stan pedagang selama festival berlangsung.

2. Meningkatkan Ekonomi Lokal
Partisipasi aktif pedagang UMKM serta masyarakat dalam Festival Tabut juga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomia. Lonjakan penjualan selama festival memberikan kesempatan bagi para pengusaha lokal untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Selain itu, pedagang UMKM juga berlomba-lomba menciptakan suasana meriah selama Festival Tabut berlangsung. Dekorasi menarik dan stan-stan pedagang yang kreatif menarik perhatian pengunjung, sementara kuliner dan produk unik memberikan tambahan keberagaman acara.

Akan ada banyak keunikan dari setiap booth penjual dalam memperomosikan produk mereka yang bisa kamu temui di festival meriah ini.

Kunjungan Presiden Jokowi

Tahun ini terasa sangat spesial saat masyarakat mengetahui akan ada kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Festival Tabut Bengkulu pada tahun 2023. Hal ini tentunya menjadi sebuah momen yang sangat bersejarah.
Source by @mediacenterbkl
Hadirnya Bapak Presiden turut membantu menunjukkan eksistensi Bengkulu yang kaya akan budaya dan kearifan lokal secara nasional. Festival Tabut menjadi sorotan media massa dan menarik perhatian dari berbagai kalangan masyarakat di seluruh Indonesia. Hal ini juga memberikan apresiasi bagi masyarakat Bengkulu yang telah melestarikan dan menghidupkan Festival Tabut selama bertahun-tahun.

Baca juga: Datang Ke Festival Tabut Bengkulu, Ada Apa Ya Disana?  

Selama kunjungan, Presiden Jokowi disambut dengan meriah oleh masyarakat Bengkulu. Selain kunjungan kerja di beberapa daerah di Bengkulu, Beliau juga menyempatkan hadir untuk menyaksikan langsung Festival Tabut dan produk-produk UMKM lokal yang dipamerkan.
Source by @mediacenterbkl
Festival Tabut Bengkulu merupakan ajang unik yang memadukan kekayaan budaya lokal dan kesempatan bagi pedagang UMKM untuk mempromoskan produk mereka. Dengan antusiasme masyarakat dan pedagang UMKM, Festival Tabut tahun ini menjadi semakin meriah dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Kunjungan Bapak Presiden juga turut menandai apresiasi pemerintah terhadap tradisi budaya Bengkulu dan memberikan kesempatan memperkenalkan diri di wajah nasional bagi Festival Tabut. Semoga dengan berbagai upaya ini, Festival Tabut terus bertahan dan terus menjadi perayaan yang berarti bagi masyarakat Bengkulu.
Source by @mediacenterbkl

NB: Tulisan ini dimuat dalam rangka Nulis Serempak Bersama Blogger Bengkulu.

10 komentar:

  1. Tahun depan pasti presiden hadir lagiiiii.... 😁

    BalasHapus
  2. Festival tabut 2023 memang seru dengan adanya kehadiran presiden. Tahun depan moga lebih banyak lagi yang terlibat disini dan manajemnenya benar-benar teratur, insya allah makin TOP

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar tambah rame tambah seru, diliput berita nasional ya kak 😍

      Hapus
  3. Dengan hadirnya Pak Jokowi menambah semangat dan lebih bermaknanyanya acara tabot tahun ini semoga kedepan lebih baik lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti dong. lebih semangat dan lebih rame lagi tahun depan :)

      Hapus
  4. Saya sepakat bahwa sebagai festival, tabot mengandung nilai sejarah yang tinggi. Terus jadi kepikiran, biar bikin nambah semangat, tiap perayaan tabot, boleh kali ya menghadirkan presiden lagi :). Mesti warga yang hadir sangat antusias sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku aja sering amaze, kayak tari-tarian, alat musik khas, budaya ternyata masih sangat dirasakan di Bengkulu :)

      Hapus
  5. Selamat datang lagi ke Bengkulu pak Jokowi.. Selamat menyaksikan festival tahunan daerah kami. Festival Tabut yang menjadi kebanggaan masyarakat Bengkulu🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tahun depan presiden datang lagi ke Bengkulu 🫡

      Hapus

Jangan lupa komentar ya!