Senin, 07 Agustus 2023

7 Ide Lomba Online Millenials untuk Merayakan Kemerdekaan RI Ke-78

lomba-online-kemerdekaan
17 Agustus Tahun ’45, itulah hari kemerdekaan kita!
Hayo, siapa yang bacanya bernada?

Agustus, bulan yang spesial karena merupakan waktu dimana Indonesia mengumandangkan kemerdekaan untuk pertama kalinya pada 78 tahun lalu. Tentunya banyak sekali kegiatan atau lomba-lomba yang diselenggarakan sebagai ajang memperingati kemerdekaan Indonesia.

Biasanya hampir setiap elemen masyarakat akan mengadakan lomba-lomba mulai dari lomba besar tingkat nasional maupun acara sederhana sesama teman di kantor. Semangat kemerdekaan selalu terbakar sepanjang peringatan di bulan Agustus ini.

Tentunya ada banyak ide-ide lomba yang juga dapat diselenggarakan oleh sebuah brand untuk membantu meningkatkan promosi mereka. Selain itu, dengan menyelenggarakan event lomba yang tepat, sebuah brand/produk juga memiliki kesempatan untuk merayakan semangat kemerdekaan. Konten menarik tentang kemerdekaan di berbagai media sosial, dapat menjadi daya tarik tersendiri dalam meningkatkan awareness terhadap brand/produk itu sendiri.

Di tahun ini, tentunya spesial juga untuk Komunitas Blogger Bengkulu yang turut merayakan hari jadi ke-7. Komunitas Blogger Bengkulu dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan pertumbuhan para blogger.

Untuk memperingati Milad ke-7 Blogger Bengkulu sekaligus hari kemerdekaan, aku akan bagikan 7 ide lomba online millenial yang mungkin bisa dicoba oleh sebuah penyelenggara. Ide lomba ini bermanfaat juga untuk membantu mempromosikan sebuah brand/penyelenggara.

Yuk Simak!

1. Lomba Blog: "Kisah Inspiratif Kemerdekaan"

lomba-blog-kemerdekaan
Pict by Canva
Lomba pertama yang bisa diselenggarakan oleh sebuah brand dalam memperingati kemerdekaan yaitu lomba blog.

Dalam lomba blog ini, penyelengara dapat mengajak anggota komunitas untuk berbagi kisah inspiratif tentang momen-momen kemerdekaan, keberanian, atau perjuangan dalam hidup mereka. Cerita-cerita ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang dan membantu memperkuat semangat persatuan dan persaudaraan kita.

Penyelenggara juga bisa menambahkan brief mengenai brand/product yang penyelenggara miliki.

2. Lomba Fotografi: "Warnai Kemerdekaan dalam Lensa"

lomba-fotografi-kemerdekaan
Pict by Canva
Sebagai penyelenggara, kamu bisa mengadakan lomba fotografi.

Dengan lomba ini, kamu juga berkesempatan untuk mengetahui skill anak bangsa dalam bidang fotografi. Penyelenggara dapat memberikan brief lomba foto suatu product/tempat/brand.

Lomba fotografi ini dapat dikaitkan juga dengan peserta untuk menangkap momen-momen kemerdekaan yang penuh makna dalam gambar. Tema ini dapat mencakup perayaan kemerdekaan maupun identitas bangsa.

3. Lomba Video: “Vlog Makna Kemerdekaan”

lomba-vlog-kemerdekaan
Pict by Canva
Lomba vlog bisa jadi referensi atau pilihan bagi penyelenggara dalam perayaan kemerdekaan.

Lomba bertujuan untuk mengajak peserta berpartisipasi dalam merayakan kemerdekaan melalui digital. Melalui platform digital, peserta dapat berkreasi dengan audio visual yang menarik sehingga pesan kemerdekaan dapat tersampaikan dengan baik.

4. Lomba Desain Grafis

lomba-desain-kemerdekaan
Pict by Canva
Dengan lomba ini, kamu sebagai penyelenggara juga dapat menemukan kreator-kreator kreatif di bidang desain grafis.

Lomba desain grafis maupun lomba poster dapat mengasah kreatifitas peserta serta dapat menyampaikan pesan melalui visual yang menarik dan tentunya menginspirasi. Peserta yang berbakat bisa jadi referensi kamu nantinya kalau-kalau kamu ingin mengajaknya berkolaborasi dalam mendesain produk/brand kamu.

5. Lomba Podcast: "Talk about Independence Day"

Pict by Canva
Saat ini podcast menjadi semakin populer!

Banyak sekali konten kreator yang mulai mencoba membuat podcast di berbagai platform.

Ini juga bisa jadi referensi untukmu menyelenggarakan lomba. Lomba podcast dapat membicarakan seputar hari kemerdekaan, kebebasan berekspresi, maupun membahas tentang brand/produk penyelenggara.

6. Lomba Kreasi Makanan: "Meriahkan dengan Rasa Kemerdekaan"

lomba-tumpeng-kemerdekaan
Pict by landoh-rembang.desa.id
Ingin menyelenggarakan lomba bertema kemerdekaan secara offline maupun online?

Kamu bisa coba ide lomba kreasi makanan!

Kompetisi ini menggabungkan antara seni kuliner dan inovasi yang kreatif dalam sebuah hidangan makanan yang menggugah selera. Jika lomba diadakan secara online, peserta bisa mengirimkan proses/tutorial masakan, dan peserta juga bisa mempresentasikan kreasi makanan tersebut secara offline. Lomba kreasi makanan ini dapat menjadi inspirasi kuliner serta menjadi ajang memperkenalkan masakan khas daerah masing-masing.

7. Lomba Fashion Show Kemerdekaan

lomba-fashion-show
Pict by harian.fajar.co.id
Selain lomba kreasi masakan yang bisa dilakukan secara offline, lomba fashion show juga dapat menjadi ide lomba memperingati kemerdekan.

Lomba ini memperlihatkan bakat para fashionista yang unik, seru, dan kreatif dengan bertema kemerdekaan. Peserta dapat mengenakan outfit bertema merah-putih dan kemerdekaan dengan gaya yang unik dan kreatif.


Rayakan Kemerdekaan Bersama Blogger Bengkulu

Ayo rayakan semangat kemerdekaan bersama Blogger Bengkulu!

Ketujuh ide lomba diatas bisa menjadi inspirasi untuk kita semua sebagai apresiasi untuk kemerdekaan dan kebebasan dalam kreatif berkarya. Dengan semangat dan kreatifitas yang tinggi, mari rayakan milad ke-7 Blogger Bengkulu dengan semangat kemerdekaan yang membara.

Nb: Tulisan ini dimuat dalam rangka Nulis Serempak bersama Blogger Bengkulu

5 komentar:

  1. Wihhhh kekinian bangettttt iniiii

    BalasHapus
  2. Para IT lover pasti senang jika ada lomba kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan, banyak inspirasi nih buat yang suka teknologi 😸

      Hapus
  3. wihi ini lomba milenial banget.. kayaknya perlu dicoba adakan nih

    BalasHapus

Jangan lupa komentar ya!