Kamis, 10 Maret 2016

Katakanlah dengan Hati



Katakanlah dengan hati.
Sampaikanlah dengan tulus.
Ungkapkanlah dengan kejujuran.
Mulutmu harimaumu. Pepatah yang cukup pedas mendengarnya. Seakan apabila tidak kita jaga dia akan mengaum siap menerkam kita sendiri.
Tiga hari berada bersama dengan orang-orang hebat. Aku ikut membantu dalam pelaksanaan Seminar Motivasi, juga dalam rangka promosi kampus. Kampusku yang cukup banyak membuat perubahan dalam diriku.
Disana aku banyak sekali mendapatkan pelajaran, secara langsung ataupun dengan gerak gerik dari mereka. Salah satunya tentang “mulut” kita. Lisan, perkataan yang harus dijaga dengan hati-hati sekali.
Lisan yang apabila berkata dengan orang lain, haruslah dipikirkan juga apa yang kita perbuat. Lisan adalah cerminan diri kita sendiri. Jika berniat untuk menasihati orang lain, haruslah kita layak menjadi panutan terlebih dahulu.
Sehebat apapun kita, jika berkata dengan orang lain tidak sesuai dengan tingkah laku kita itu percuma saja. Ucapan yang baik hendaknya diikuti dengan perbuatan yang baik juga. Bukan malah sebaliknya, sembarangan berkata tapi tidak sesuai dengan perbuatan. Orang malah menganggapnya hanya omongan belaka.
Ucapan dari hati yang memang didasari oleh perbuatan diri, malah lebih dalam menyentuh orang yang mendengarkannya. Ucapkanlah sesuatu dengan kejujuran yang tidak menyakitkan orang lain. Sampaikanlah dengan tulus tanpa mengharapakan sesuatu dari orang lain.
“Ucapkanlah yang baik atau lebih baik diam”
Diam lebih baik apabila kita tidak bisa mengontrol ucapan kita hingga menyakiti orang lain. Kadang diam itu juga lebih baik untuk menghindari masalah yang disebabkan oleh mulut kita sendiri.
Jadi mulai sekarang yuk sama-sama kita menjaga ucapan. Berkata yang baik atau lebih baik diam. Hati-hati dengan mulut yang seperti harimau. Yang siap menerkam kapan saja saat kita salah mengucap.

3 komentar:

  1. karena orang lain akan mengikuti pribadi kita hanya beberpa yg mendengarkan lewat ucapan yg kita katakan. Teruslah menjadi teladan yg baik Alfa. Alfa adalah harapan utk menyampaikan Dakwah. Barokallahufiikum.. :)

    BalasHapus
  2. katakan semua dengan hati yang bersih biar nggak ada dusta yg keluar dari mulut heheheh

    BalasHapus